Tips Menggunakan Wifi Publik Agar Data Kita Aman

Tips Menggunakan Wifi Publik-Wifi pada zaman sekarang ini bisa dikatakan sebagai sarana terbaik untuk bisa melakukan browsing dikala kuota internet sudah habis. Banyak sekali orang yang malas dan juga tidak ada uang. Lalu mereka terbiasa memakai fasilitas wifi publik yang bisa membuat hemat uang, praktis dan mudah digunakan oleh siapapun. Tentu saja wifi publik atau wifi gratisan tidak mungkin ada passwordnya, jadi bisa dengan cepat kamu untuk langsung internetan.

Masalahnya jika kamu sering memakai wifi publik, maka nantinya akan ada masalah yang dialami oleh smartphonemu sendiri antara lain terdapatnya virus, trojan, kerusakan software dan kehilangan data penting.

Tentu saja tidak ada orang yang ingin mengalami hal semacam itu pada smartphone kesayangannya bukan? Makanya usahakan saja jika memang ingin memakai wifi publik yang gratisan, gunakan saja wifi tersebut pada saat keadaan mendadak saja.

Perangkat wifi untuk digunakan sebagai jaringan internet untuk aktivitas internet bagi pengguna smartphone, maka usahakan memasang wifi sendiri saja di rumah, yang hanya akan digunakan sendiri atau bersama keluarga tercinta.

Tidak disarankan untuk menggunakan wifi publik kalau kamu memiliki banyak data penting di smartphone milikmu, guna untuk mencegah terjadinya hal yang tidak di inginkan.

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa melindungi smartphonemu dari ancaman wifi gratisan yang biasa ada di mall, town ssquare dan supermarket di bawah ini.

menggunakan wifi publik

Tips Menggunakan Wifi Publik Agar Aman

Mungkin banyak yang belum mengetahui kalau ketika kita menggunakan wifi publik maka history pencarian kita bisa diketahui bagi mereka yang mempunyai jaringan tersebut. Namun tentunya hal tersebut menggunakan sebuah software.

Untuk anda yang sering sekali menggunakan wifi publik yang gratisan, maka anda bisa ikuti tips yang akan coba kami berikan kali ini guna akun atau data yang kita miliki aman.

Seseorang yang ingin memakai wifi publik yang biasa gratis digunakan, maka dirinya harus ekstra hati-hati kalau ingin melakukan transaksi pembayaran dan penarikan dana.

Masalahnya akan ada ratusan orang yang bisa melihat apa yang sedang kamu lakukan, karena memiliki jaringan yang sama. Banyak sekali orang yang kehilangan uang pada saldo pada saat sudah melakukan pembayaran semisal paypal dan passwordnya dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Periksa terlebih dahulu nama hotspotnya

Sudah ada banyak sekali sekarang ini hotspot publik yang digunakan mirip dengan hotspot yang ada. Misalnya saja di sebuah tempat terdapat nama hotspot publik yaitu rokokshop.

Biasanya ada yang mirip dengan hotspot semacam itu disana semisal gratis shop dan sejenisnya, jadi usahakan untuk tidak salah memasuki hotspot yang terdapat di suatu tempat. Hal ini bertujuan untuk menjaga data dan password smartphone kamu tetap terlindungi.

Ingat untuk non-aktifkan perangkat wifi otomatis pada smartphone

Mematikan fitur wifi otomatis maka akan mengurangi tingkat kejahatan yang dilakukan siber di dunia maya untuk melakukan tindakan berbahaya yang bisa mengancam handphone kamu.

Jadi dengan mematikan fitur otomatis pada hotspot, maka kamu pada saat ingin menghubungkan wifi di suatu area publik, maka kamu bisa mengetahui wifi mana yang aman digunakan.

Jangan gunakan wifi publik untuk kebutuhan pribadi.

Kamu pergunakan saja wifi publik hanya untuk chatting, menulis artikel online, browsing dan jangan melakukan aktivitas penting yang melibatkan kepribadian kamu.

Untuk transaksi penting ke paypal, transfer uang atau sejenisnya, maka pergunakan saja koneksi data internet pada ponsel atau wifi di rumah.

Pasang antivirus atau VPN.

Kalau mau lebih aman lagi maka yang terakhir adalah kamu pakai saja VPN premium yang lebih cepat, stabil dan aman digunakan atau antivirus yang ada perlindungan wifinya. Kedua alat tersebut berguna sekali untuk menjaga privasi data pribadi kamu agar tidak dicuri atau diketahui orang ramai yang juga memakai wifi publik yang sama dengan kamu.

Akhir Kata

Oke kawanku, jadi itulah dia beberapa tips sederhana yang dapat kppnternate.net sampaikan untuk bisa melindungi perangkat smartphone kamu dari kejahatan dalam memakai wifi publik. Semoga tips menggunakan wifi publik agar akun kita tetap aman dapat bermanfaat.

Leave a Comment