Situs Download Lagu Tanpa Copyright Bagi Youtuber

Situs Download Lagu Tanpa Copyright-Siapa nih di antara kamu yang suka download lagu secara illegal? Hati-hati, mengunduh lagu illegal termasuk tindakan pelanggaran hukum lho. Tapi jangan khawatir, di artikel ini, mimin akan memberikan ulasan mengenai aplikasi download lagu gratis dan legal yang bisa kamu gunakan, apa saja itu? Yuk bahas lebih lanjut.

Sebelum lebih jauh, ada baiknya jika kamu mengetahui alasan kenapa mengunduh lagu illegal termasuk tindakan melanggar hukum, sebagai berikut:

Kenapa Mengunduh Lagu Illegal Melanggar Hukum?

Pada prinsipnya mengunduh lagu secara illegal merupakan pelanggaran atas Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Dalam konteks Hak Cipta, melakukan illegal downloading melanggar dua Hak Kekayaan Intelektual penciptanya, yaitu hak moral dan hak ekonomi.

Hak Moral

Apa itu hak moral? Dalam perspektif hukum, hak moral adalah pengakuan atau penghormatan terhadap individu yang bertindak sebagai pencipta karya. Hak moral ini bersifat non-transferable atau tidak dapat dialihkan dari satu individu ke individu lain.

Hak Ekonomi

Sedangkan hak ekonomi adalah hak yang muncul dari proses terciptanya suatu karya. Banyak aspek ekonomis yang dimuat dalam hak ekonomi ini, misalnya durasi penciptaan karya, waktu pengerjaan, hingga eksploitasi atas sebuah karya.

Hak ekonomi ini diatur dalam Undang-Undang No. 19/2002 tentang Hak Cipta. Pada pasal 1 disebutkan bahwa hak ekonomi adalah hak eksklusif yang diberikan kepada pencipta karyauntuk mengumumkan, memperbanyak hingga memberi izin untuk mengeksploitasi karya ciptaan tersebut.

Karya ciptaan yang dimaksud bisa meliputi seni, sastra, penelitian ilmiah, buku, fotografi, ilmu pengetahuan, hingga program komputer dan karya cipta lainnya. Musik menjadi salah satu karya yang diakui dalam hak cipta, maka dari itu mengunduh atau menyebarkan karya musik dengan tujuan ekonomis harus mendapatkan izin dari pemilik hak cipta.

Sanksi Yang Diberikan Kepada Pelanggar Hak Cipta

Tanpa izin dari penciptanya, maka tindakan tersebut dianggap sebagai pelanggaran hukum. Berdasarkan pasal 72 UU Hak Cipta 19/2002 disebutkan bahwa siapapun yang sengaja melanggar hak cipta akan dikenakan sanksi pidana dan sanksi denda. Seorang yang melanggar hak cipta akan diancam dengan hukuman penjara paling lama tujuh tahun atau denda paling banyak Rp 5 miliar.

Bentuk Pelanggaran Hak Cipta

Seiring perkembangan teknologi informasi, pelanggaran terhadap hak cipta bahkan semakin sering terjadi. Dulu di era 1990-an akhir hingga 2000-an awal, kamu pasti sering mendengar istilah “Stop Membeli Kaset dan CD Bajakan” kan?

Saat itu, kaset dan CD merupakan media untuk menyimpan dan memutar karya musik. Maka penyebaran kaset dan CD bajakan pun marak terjadi di era tersebut. Namun sekarang, saat kaset dan CD sudah ditinggalkan, karya musik dapat dengan mudah disebarluaskan melalui media digital dan berbagai format, misalnya format MP3, WAV, MP4 dan lain sebagainya.

Karena tidak memerlukan bentuk fisik, karya yang diubah ke dalam format digital ini pun semakin muda disebarluaskan tanpa izin. Misalnya lewat website yang menyediakan layanan download lagu gratis. Website semacam ini biasanya hanya berisi karya musik bajakan alias tanpa izin penciptanya. Jadi, mengunduh lagu lewat website semacam ini sama halnya dengan kamu melakukan pelanggaran hukum.

download lagu tanpa hak cipta

Contoh Kasus Donwload Musik Ilegal

Kamu mungkin masih ingat dengan kasus yang dialami grup musik Metallica dengan situs Napster? Saat itu, Napster meng-upload karya-karya miliki Metallica tanpa izin. Akibatnya, para personel dan manajemen Metallica pun meradang akibat merasa dirugikan.

Kasus ini akhirnya dibawa ke ranah hukum, hingga pengadilan Amerika Serikat memberi kemenangan pada tuntutan Metallica. Pengelola Napster pun harus mengganti rugi sekaligus mendekam dipenjara selama beberapa tahun.

Kasus serupa juga pernah dialami oleh para artis Korea Selatan. Di awal 2000-an lalu, saat demam K-Pop melanda dunia, banyak karya lagu milik boy band dan girl band Korea Selatan yang dibajak. Akibatnya, industri hiburan di negara Ginseng tersebut mengalami kerugian yang besar.

Untungnya, pemerintah Korsel terbilang sigap menanggapi kasus ini. Tak mau berlarut, Pemerintah Korsel pun melakukan pemblokiran besar-besaran kepada situs download musik illegal yang menyebarkan karya dari musisi Korsel.

Tak butuh waktu lama, hingga kini industri musik K-Pop pun berhasil berkembang pesat dan menjadi barometer musik dunia.

Situs Untuk Mengunduh Lagu Legal dan Gratis

Nah itulah beberapa contoh kasus tentang pelanggaran hak cipta musik yang populer di dunia. Lantas, bagaimana solusinya jika kamu ingin mengunduh lagu secara legal? Namun kamu tidak memiliki uang untuk membelinya?

Tenang, berikut ini adalah beberapa platform atau situs berbagai musik yang bisa kamu gunakan secara aman, untuk anda yang ingin terjun kedunia youtuber dan memerlukan backsound atau lagu, maka anda bisa menggunakan platform ini. Situs-situs ini sudah terdaftar secara resmi dan memiliki berbagai genre musik yang bisa kamu unduh secara Cuma-Cuma, antara lain:

SoundCloud

Siapa yang nggak kenal dengan platform yang satu ini? SoundCloud merupakan salah satu situs berbagi musik terpopuler dan terfavorit di dunia. Situs ini memungkinkan kamu untuk mengunduh lagu secara gratis, tanpa harus takut terkena sanksi hukum.

SoundCloud sudah terdaftar secara resmi di badan hukum internasional. Sehingga, mengunduh lagu di aplikasi ini akan dinilai sebagai tindakan yang legal. SoundCloud bahkan dianggap sebagai alternatif dari Spotify, yang mengharuskan kamu membayar biaya berlangganan untuk streaming music.

Cara Download Lagu Gratis di SoundCloud

Namun ingat, tidak semua karya musik yang disajikan SoundCloud dapat kamu unduh secara gratis ya. Ada beberapa karya musik yang mengharuskan kamu untuk melakukan sesuatu sebelum mengunduhnya. Misalnya dengan menyukai halaman Facebook sang artis atau mengikuti quiz dan sebagainya. Lagu-lagu yang bisa diunduh gratis biasanya memiliki tombol bertuliskan Download Gratis di bawahnya.

ReverbNation

Selain SoundCloud, ReverbNation juga menjadi salah satu situr download lagu gratis yang legal. Situs berbagi musik ini bahkan menjadi tempat di balik kesuksesan band-band besar seperti Imagine Dragons dan Alabama Shakes.

ReverbNation ibarat media sosial nya para musisi yang ingin berbagi lagu. Banyak lagu baru yang bisa kamu download secara gratis di situs ini. Mulai dari genre pop, hip-hop hingga rock dan metal ada di ReverbNation.

Situs ini setidaknya digunakan hampir 4 juta artis dan label dari seluruh dunia untuk memasarkan karyanya. Kamu juga bisa mencari lagu dengan kualitas audio yang bagus di bagian Discover.

Cara Mengunduh Lagu Gratis di ReverbNation

Tak sulit menemukan lagu gratis di ReverbNation, kamu hanya perlu mengunjungi halaman pencarian dan mencentang tulisan Free MP3s Required. Setelah itu kamu tinggal meng-klik Refine Results untuk memunculkan daftar MP3 gratis yang bisa kamu download.

Jamendo

Jamendo merupakan situs berbagi musik yang dilindungi oleh lisensi resmi dari Creative Commons. Jadi, mengunduh musik di situs ini dijamin aman karena telah didukung oleh aspek legalitas. Jamendo juga menjadi situs yang cocok bagi kamu para penggemar musik independen alias Indie.

Tak hanya untuk men-download lagu, Jamendo juga memiliki fitur yang memungkinkan kamu mendengarkan lagu secara streaming. FItur berupa daftar putar dan stasiun radio ini bisa kamu gunakan untuk mendengarkan lagu-lagu baru, atau mencari referensi musik indie dari berbagai musisi indie dunia.

SoundClick

SoundClick ibarat pihak ke tiga yang bisa menghubungkan kamu langsung dengan situs resmi sang artis. Beberapa artis yang bergabung di platform ini bahkan menawarkan karya musik mereka secara Cuma-Cuma alias gratis. Selain memungkinkan untuk diunduh, SoundClick juga menjadi platform untuk mendengar musik secara streaming.

Audiomack

Satu lagi platform yang bisa kamu gunakan untuk mengunduh lagu gratis dan legal. Dengan fitur antarmuka yang user friendly, Audiomack menjadi salah satu situs berbagai musik yang terbaik di kelasnya.

Kamu bisa memilih berbagai jenis musik berdasarkan artis, label hingga genre yang kamu senangi. Audiomack juga memiliki fitur untuk mengkategorikan musik berdasarkan Trending, Top Albums dan Top Song, yang bisa kamu jadikan referensi untuk mencari karya musik terbaik.

Akhir Kata

Nah itulah lima platform berbagi musik yang bisa kamu manfaatkan. Dengan mengunduh lagu gratis secara legal, kamu juga telah mendukung gerakan anti pembajakan karya. Update terus informasi lainnya hanya di kppnternate.net.

Leave a Comment