Pesona Air Terjun Sidoharjo Kulon Progo Jogja

Pesona Wisata Air Terjun Sidoharjo Kulon Progo Jogja-Air terjun ini merupakan salah satu dari sekian banyak tempat wisata seru di Kulonprogo. Keindahan dari Curug Sidoharjo ini hanya bisa Andanikmati ketika musim hujan saja. Karena ketika musim kemarau aliran air akan kering. Meskipun sama-sama berada di Kabupaten Kulonprogo namun Air Terjun Sidoharjo tidak seterkenal Air Terun Grojokan Sewu.

Tempat wisata ini sangat cocok bagi Andayang menyukaai blusukan. Untuk menuju lokasi pengunjung harus melewati medan yang tidak mudah. Anda harus menyusuri jalan setapak melalui persawahan. Jalur disini agak licin ketika musim hujan karena jenis tanahnya berupa lempung.

Daya Tarik Air Terjun Sidoharjo Kulon Progo Jogja

Air Terjun Sidoharjo Jogja ini memiliki panorama yang mengagumkan. Sayangnya baik dari Pemerintah maupun warga setempat belum memanfaatkan potensi wisata yang ada. Lokasi ini belum dikembangkan sebagai kawasan wisata.

Aliran Air Terjun Sidoharjo jatuh dari tebing setinggi 75 meter dengan kemiringan 90 derajat. Warna air nya biru jernih, suasananya sangat alami. Disekeliling curug nampak hijaunya pepohonan dan aneka jenis bunga yang turut menghiasi kawasan ini.

Selain tumbuhan banyak satwa yang juga menghuni tempat ini. Yang sering nampak diantaranya kera ekor panjang dan anjing. Spot paling indah berlokasi diatas tebing, namun untuk dapat mendaki ke puncak anda harus menaklukan medan yang tejal sekaligus licin.

Kegiatan ini hanya boleh dilakukan bagi And ayang memiliki nyali lebih yaa. Selain cukup berbahaya diatas tebing inilah sering ditemukan anjing berkeliaran hihihi serem juga yaa sob. Disarankan untuk membawa rombongan untuk mendaki ke puncak.

Wisata Air Terjun Sidoharjo Kulon Progo

Lokasi Air Terjun Sidoharjo Kulon Progo Jogja

Air terjun ini letaknya berada di Ds Sidoharjo, Samigaluh, Kulonprogo, Yogyakarta. Selain disebut dengan nama Air Terjun Sidoharjo, curug ini sering disebut juga Air Terjun Samigaluh oleh warga setempat.

Rute Menuju Air Terjun Sidoharjo Kulon Progo Jogja

Untuk dapat sampai ke Air Terjun Sidoharjo pengunjung dapat melalui Jogja ataupun dari obyek wisata Kalibiru. Berikut ini adalah rutenya :

  • Jogja : Jl. Godean > Jembatan Progo > Nanggulan > Ndekso > Samigaluh > Plang MTS 4 Samigaluh > Air Terjun Sidoharjo
  • Kalibiru : Kalibiru > Clereng > Girimulyo > Nanggulan > Ndekso > Samigaluh > Plang MTS 4 Samigaluh > Air Terjun Sidoharjo

Jika Anda bertolak dari kota Jogja dibutuhkkan waktu sekitar 1.5 jam perjalanan. Jika dari Ndekso jarak tempuhnya sekitar 5 kilometer.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Sidoharjo Kulon Progo Jogja

Harga tiket masuk yang dikenakan untuk dapat menikmati keindahan Air Terjun Sidoharjo tak lebih dari Rp.10.000,- Andahanya perlu membayar biaya parkir Rp.2000,- untuk motor dan Rp.5000,- untuk mobil jika untuk menginapkan kendaraan akan dikenai biaya Rp.5000,-

Jika Anda berencana datang ke tempat ini pastikan untuk mengecek kendaraan anda sebelum berangkat. Selain itu sipkan juga perbekalan yang cukup, mengingat dilokasi ini belum tersedia fasilitas yang memadahi.

Yuk bareng-bareng mengekplore kawasan Air Terjun Sidoharjo Jogja milik Kulonprogo agar semakin dikenal oleh para wisatawan. Selamat berlibur !!

Leave a Comment