Mengatasi Video Instagram Tidak Bisa Diputar

Mengatasi Video Instagram Tidak Bisa Diputar-Instagram tak hanya menyediakan fitur untuk berbagi foto. Video juga menjadi konten yang kerap menghiasi media sosial tersebut. Sayangnya dalam beberapa kondisi, Instagram tidak bisa digunakan untuk memutar video.

Meskipun durasi videonya hanya 60 detik, namun karena mengalami error pada aplikasi, hal tersebut akan sulit dilakukan. Video Instagram yang tidak bisa diputar ini tidak hanya dikarenakan data internet atau jaringan selulernya yang sedang tidak mendukung.

Bisa jadi data seluler dan jaringannya memadai namun aplikasi tak kunjung dalam memutar video. Penyebab utamanya bisa dari sistem aplikasi yang sudah lawas. Atau juga karena cache yang menumpuk.

Ponsel yang terlalu padat dalam mengerjakan perintah juga bisa menyebabkan Instagram di android mengalami error saat memutar video. Agar penggunaan Instagram lebih optimal, berikut tips selengkapnya untuk mengatasi video yang tidak bisa diputar.

Oleh karena itu kali ini kami akan mencoba memberikan beberapa cara yang bisa anda coba gunakan agar video yang tidak berputar tersebut pada aplikasi instagram anda bisa segera teratasi.

Tips Mengatasi Video Instagram Tidak Bisa Diputar di Android

 

Cara Mengatasi Video Instagram Tidak Bisa Diputar

Permasalahan video tidak dapat diputar pada aplikasi Instagram ini dapat dikarenakan oleh banyak faktor, sehingga kita dapat mengatasinya dengan beberapa cara, diantaranya ialah sebagai berikut:

Update aplikasi

Aplikasi yang masih dalam versi lawas biasanya akan mengalami beberapa masalah. Mungkin saja tidak bisa memutar video disebabkan karena Instagram tidak memiliki versi terbarunya. Masuk ke Play Store dan ketikan Instagram di kolom pencarian. Kemudian tekan menu Pembaruan jika muncul opsi tersebut di tampilan Instagram Play Store. Tunggu sampai proses selesai kemudian anda bisa langsung jalankan aplikasinya kembali.

Bersihkan cache aplikasi

Membersihkan cahe Instagram bisa dengan masuk ke Pengaturan smartphone. kemudian klik Setelan Tambahan dan pilih Manajemen Aplikasi. Cari aplikasi Instagram dan tekan Hapus Cache. Anda juga bisa menggunakan Clean Master atau aplikasi cleaner sejenis. Tujuannya agar Instagram tidak terlalu berat beban kerjanya sehingga error pun bisa diatasinya.

Force close dan Clean data

Untuk melakukan Force Close dan Clean Data, anda bisa masuk ke Pengaturan smartphone. Klik Setelan Tambahan dan Manajemen Aplikasi. Cari aplikasi Instagram dan tekan Paksa Berhenti serta Hapus Data. Cara tersebut bermanfaat untuk meringankan beban aplikasi. Diharapkan setelah langkah tersebut, Instagram akan pulih kembali dan kompatibel untuk memutar video.

Install ulang aplikasi

Jika cara 1-3 belum berhasil, bisa jadi anda salah versi dalam menginstal aplikasi. Lepas pemasangan Instagram dengan cara masuk ke Pengaturan. Kemudian tekan Setelan Tambahan dan klik Manajemen Aplikasi. Cari menu Instagram dan klik Hapus Instalasi. Kemudian pasang Instagram kembali melalui Play Store dan login seperti biasanya.

Restart ponsel

Restart ponsel bertujuan untuk mengistirahatkan perangkat sejenak dan membuat aplikasi refresh kembali. Efeknya, aplikasi akan bekerja normal dan mampu memutar video seperti sediakala. Cobalah restart ponsel anda dan jalankan Instagram. Jika perlu, anda bisa mematikan perangkat dan melepas beberapa komponen seperti baterai jika jenisnya non tanam, SIM dan SD Card. Kemudian diamkan beberapa saat dan pasang serta hidupkan perangkat kembali.

Aplikasi Instagram ini memiliki banyak sekali fitur yang berkaitan dengan video. Tidak hanya lewat beranda saja kita bisa memutar video, melainkan kita bisa menontonnya di story maupun pada fitur terbaru mereka yaitu reels instagram.

Oleh karena itu ketika video pada aplikasi instagram ini tidak bisa dijalankan, maka sebagian penguna akan merasa kecewa karena video yang terdapat pada Instagram bisa dibilang sangat menarik.

Baca juga: Cara Menonaktifkan IG

Akhir Kata

Demikian beberapa cara mengatasi video di Instagram yang tidak bisa diputar. Anda bisa mencoba satu demi satu cara yang sudah kami bagikan diatas. Karena biasanya penyebab dari permasalahan yang satu ini sangat bervariasi. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Comment