Mengatasi RAM Android Sering Penuh

Mengatasi RAM Android Sering Penuh – Kinerja sebuah android sangat bergantung pada kapasitas RAM. Jika RAM-nya penuh, maka android akan kesulitan dalam menjalankan perintah. Misalnya melakukan multitasking, menyimpan data, hingga menjalankan aplikasi. RAM yang sering penuh tidak berarti karena kapasitasnya kecil. Bisa jadi kapasitasnya yang besar namun tetap penuh sementara aplikasi yang dipasang tidak begitu banyak. Mengatasi RAM penuh juga berhubungan dengan memori internalnya.

Jika memori internalnya penuh, maka kapasitas RAM juga akan cepat penuh. Cache aplikasi yang menumpuk juga turut berpengaruh. Anda bisa melakukan pengoptimalan kapasitas RAM secara manual atau bisa menggunakan bantuan aplikasi.

Aplikasi berjenis booster dan cleaner bisa menjadi opsi anda dalam mengatasi RAM yang sering penuh. Nah, bagi yang memiliki masalah demikian, berikut beberapa trik dalam mengatasinya yang akan kppnternate.net bagikan kali ini. Namun sebelumnya simak dulu beberapa penyebab mengapa ram sering penuh.

Penyebab RAM HP Android Sering Penuh

Anda tentunya harus mengetahui beberapa penyebab yang sering mengakibatkan ram pada smartphone kita sering penuh. Mungkin kita akan bertanya mengapa ram sering penuh padahal aplikasi yang kita install sedikit dan game pun tidak ada, untuk itu anda bisa ikuti cara mengatasinya yaitu sebagai berikut.

Aplikasi Yang Berjalan di Latar Belakang

Bisa dikatakan ponsel android ini memiliki banyak sekali aplikasi yang berguna untuk mengoptimalkan perangkat kita. Ketika kita membeli smartphone ini, maka kita akan dibekali dengan beberapa aplikasi bawaan. Selain itu kita juga bisa menginstall sendiri lewat play store.

Mungkin tanpa anda sadari ketika anda membuka aplikasi tertentu dan keluar ternyata aplikasi tersebut masih berjalan. Ini juga bisa mengakibatkan ram kita penuh.

Kapasitas RAM Kecil

Setiap smartphone membawa ukuran atau kapasitas masing-masing. Semakin Ram yang kita gunakan kecil, maka semakin kecil pula kapasitasnya sehingga akan sering penuh. Untuk itu ada baiknya anda menginstall aplikasi yang diperlukan saja dan menghapus game atau aplikasi yang tidak perlu.

Sebenarnya masih banyak lagi yang dapat mengakibatkan ram di hp anda cepat sekali penuh. Untuk itu anda bisa coba mengatasinya dengan cara seperti berikut.

ram android sering penuh

Mengatasi RAM Android Sering Penuh

Terdapat beberapa tips yang akan kami share kepada anda, untuk itu anda bisa menjajal satu persatu tips seperti dibawah ini.

Hentikan aplikasi secara paksa

Cek aplikasi mana yang jarang digunakan. Kemudian berhentikan secara paksa agar tidak membebani kinerja RAM. Untuk memberhentikan kinerja aplikasi, anda bisa membuka menu Pengaturan kemudian klik Setelan Tambahan. Pilih opsi Manajemen Aplikasi dan cari nama aplikasi yang akan anda berhentikan paksa. Tap opsi Paksa Berhenti dan klik Hapus Data.

Pindahkan aplikasi dari internal ke eksternal memori

Untuk memindahkan aplikasi dari internal ke eksternal memori, anda bisa membuka menu Pengaturan. Kemudian tekan Aplikasi dan tap menu Unduhan. Cari nama aplikasi yang akan dipindahkan dan tap Pindahkan ke Kartu SD. Cara satu ini memang tidak berpengaruh langsung ke RAM. Namun bisa menjadi alternatif agar space penyimpanan lebih lega dan kinerja RAM lebih optimal.

Hapus aplikasi yang jarang digunakan

Hapus aplikasi yang jarang digunakan. Jika aplikasi bawaan yang terlalu banyak, anda bisa menonaktifkan kinerjanya. Cara tersebut akan membuat fitur penyimpanan lebih lega. Memori internal juga memiliki space cukup banyak sehingga kinerja android lebih optimal. Buka menu Pengaturan. Kemudian klik Aplikasi dan tekan Unduhan. Cari nama Aplikasi Bawaan kemudian tekan opsi Nonaktifkan.

Bersihkan cache secara rutin

Bersihkan file cache secara rutin agar kinerja android tetap optimal dan penggunaan RAM lebih maksimal. Dampak error seperti Lag, Force Close Aplikasi, atau pesan error lainnya juga bisa diminimalisir dengan membersihkan cache. Anda bisa menggunakan aplikasi cleaner untuk pembersihan otomatis. Atau bisa dengan cara manual. Buka Pengaturan dan klik Setelan Tambahan. Tekan opsi Manajemen Aplikasi dan pilih aplikasi yang anda inginkan. Kemudian klik Hapus Cache.

Gunakan aplikasi booster

Aplikasi booster bermanfaat untuk meningkatkan peforma android secara optimal. Dengan peforma android yang meningkat, penggunaan RAM lebih optimal dan smartphone tidak mudah lemot. Ada beberapa jenis aplikasi booster di Play Store. Misalnya CM Booster, Clean Master, Tap Booster, dll. Anda bisa menggunakan keyword Aplikasi Booster di pencarian Play Store untuk memilih tipe aplikasi yang sesuai.

Demikianlah tadi beberapa cara mengatasi ram android sering penuh yang bisa anda coba terapkan pada smartphone anda. Akibat dari ram android yang penuh akan menurunkan performa dari smartphone anda, sehingga akan terasa lebih lelet, lemot bahkan not responding.

Akhir Kata

Metode atau cara mengatasi ram sering penuh di android yang memiliki aplikasi dan game sedikit yang sudah kami bagikan diatas bisa anda lakukan untuk semua jenis perangkat smartphone. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Comment