Mengatasi Notifikasi Line Tidak Muncul

Cara Mengatasi Notifikasi Line Tidak Muncul-Line merupakan salah satu aplikasi chatting paling banyak penggunanya. Hampir setiap aplikasi chatting terkadang memiliki masalah error pada pemberitahuannya. Termasuk untuk aplikasi Line. Padahal untuk jenis aplikasi chatting, notifikasi adalah hal paling vital. Tanpa adanya notifikasi, anda akan kesulitan dalam menggunakan aplikasi satu ini. Jangan terburu menyimpulkan adanya kerusakan pada smartphone anda. Bisa jadi penyebabnya cukup sepele.

Misalnya lupa menyalakan pemberitahuan, mode pemberitahuan android yang tidak mendukung, hingga menumpuknya file sampah. Lakukan proses perbaikan secara urut dari yang paling ringan. Dengan demikian, anda akan tahu penyebab pastinya dari error aplikasi Line tersebut.

Cara tersebut sebenarnya juga bisa dilakukan untuk aplikasi chatting sejenis. Namun khusus Line memiliki tahapan tersendiri. Berikut ulasan lebih lanjut untuk cara mengatasi notifikasi Line yang tidak muncul.

Line sendiri merupakan aplikasi yang sudah hadir cukup lama, namun memang kepopuleran dari aplikasi ini masih jauh apabila dibandingkan dengan pengguna Facebook maupun Instagram.

Trik Mengatasi Notifikasi Line yang Tidak Muncul

Cara Mengatasi Notifikasi Line Tidak Muncul

Dengan adanya sebuah notifikasi tentunya akan membuat kita dengan mudah mengetahui apa saja informasi terbaru pada akun kita, apakah ada pesan masuk dan sebagainya. Namun apabila notifikasi tersebut tidak muncul, maka kita akan dibuat tidak tahu, sehingga orang yang mengirim pesan pun menganggap anda mengabaikannya. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika anda mengalami masalah notifikasi tidak muncul pada line.

Pastikan fitur pemberitahuan aktif

Cek terlebih dulu Pemberitahuan Aplikasi Line. Pastikan anda sudah mencentangnya terlebih dulu. Bisa jadi pemberitahuan yang tidak aktif membuat aplikasi tidak bisa memunculkan notifikasi. Untuk mengecek notifikasi, anda bisa membuka menu Pengaturan kemudian klik Aplikasi. Tap opsi Unduhan dan cari Line. Pastikan menu Tampilkan Pemberitahuannya sudah tercentang.

Cek mode android

Cek terlebih dulu bagaimana pengaturan mode android anda. Jika ingin memunculkan notifikasi suara, anda harus memilih Mode Dering. Jangan lupa tingkatkan volume deringnya karena bisa jadi notifikasi tidak muncul karena volume deringnya kurang. Buka Pengaturan kemudian klik opsi Suara. Pilih menu Volume dan atur tingkat volume pada android. Utamakan bagian Nada Dering dan Notifikasi.

Bersihkan file sampah

File sampah aplikasi yang menumpuk juga akan menyebabkan Line tidak memunculkan notifikasi. Sebab file tersebut akan membuat aplikasi lebih berat dan kesulitan dalam mengoptimalkan perintah. Untuk membersihkan file sampah, anda bisa menginstall aplikasi seperti CM Booster, Clean Master, Tap Cleaner, atau CCleaner. Atau bisa dengan cara manual. Masuk ke Pengaturan smartphone kemudian klik Setelan Tambahan. Pilih Manajemen Aplikasi dan cari aplikasi LINE. Klik Hapus Cache dan tunggu sampai proses selesai.

Update aplikasi

Aplikasi yang masih versi lawas juga memengaruhi kinerjanya. Maka dari itu, cek ketersediaan update apliasi tersebut. Masuk ke Google Play Store kemudian cari aplikasi Line. Jika muncul opsi Update atau Perbarui, maka klik pembaruan tersebut. Pastikan koneksi internet dan ruang penyimpanannya cukup untuk melakukan update aplikasi.

Reboot smartphone

Tujuan reboot smartphone agar sistem aplikasi lebih segar sehingga mampu menjalankan semua perintah android. Untuk melakukan reboot, anda bisa mematikan ponsel. Lepas SIM dan SD Card. Jika baterai bisa dilepas, maka lepaskan juga pemasangan baterai. Kemudian diamkan beberapa saat dan pasang semuanya kembali. Hidupkan smartphone dan cek Line kembali.

Baca juga: Cara Menonaktifkan IG

Akhir Kata

Itu dia beberapa tips dalam mengatasi notifikasi Line yang tidak muncul di smartphone android. Apabila setelah menerapkan beberapa cara seperti diatas namun pesan notifikasi belum juga muncul, maka untuk langkah terakhir bisa dengan menghapus aplikasi tersebut dan memasang kembali.

Leave a Comment