Cara Menonaktifkan IG

Maraknya penggunaan media social membuat sebagian orang jengah dari hiruk pikuk dengan apa yang terjadi di media social salah satunya Instagram. Umumnya karena beberapa alasan sebagian orang ingin menonaktifkan akun media sosial tersebut. Namun sepertinya terdapat sebagian orang yang masih bingung cara menonaktifkan IG.

Instagram merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan dan mungkin Anda juga termasuk salah satu pengguna aktif akun tersebut. Beberapa tren akhir-akhir ini adalah dengan puasa media sosial, karena memang sebagian besar yang nampak di sosmed merupakan polesan dan sudah dirancang untuk mengekspos hal-hal terbaik seseorang.

Mudahnya akses juga bermacam-macam fitur yang disediakan oleh pihak Instagram yang memungkinkan penggunanya untuk menupload berbagai foto maupun video di aplikasi tersebut. Alhasil semakin meluas juga privasi pengguna akun terseut berdasarkan hasil postingan yang mereka upload.

Umumnya para pengguna Instagram menggunakan fitur privasi pada akunnya agar yang dapat mengakses foto juga video yang diunggah merupakan followers akun tersebut. Nah mungkin hal tersebut masih belum cukup untuk sebagian orang jika sekedar menjadikan akun privasi. Berikut cara untuk menonaktifkan akun IG yang bisa Anda lakukan:

Menghapus Sementara Akun Instagram Melalui HP

Cara ini bisa Anda lakukan saat ingin “puasa sosial media” tentu saja menghapus sementara akun IG Anda adalah tindakan yang tepat. Banyak hal yang melatarbelakangi sebagian orang melakukan nonaktif semendara dari IG misalnya ketika akan menghadapi ujian, atau tuntutan untuk fokus terhadap suatu project dengan jangka waktu yang ditentukan.

Namun Anda tenang saja, saat Anda melakukan penghapusan sementara akun IG semua foto juga video yang Anda telah unggah tidak akan hilang, berikut juga komentar dan like yang didapatkan. Penasaran bagaimana caranya? Simak langkah-langkah di bawah ini yang bisa Anda lakukan untuk menghapus sementara akun IG Anda via HP:

Mauk ke akun Instagram via aplikasi yang sudah terinstall sebelumnya di HP Anda. Lanjutkan dengan memilih menu Profil.

  1. Pilih menu option yang terletak di tiga garis horizontal bagian kanan atas.
  2. Klik menu Settings yang ada pada barisan paling bawah.
  3. Dilanjutkan dengan memilih menu Help, lalu klik Help Center.
  4. Setelah itu, Anda akan langsung diarahkan menuju halaman instagram.com, kemudian Anda pilih menu “Berhenti Sejenak Menggunakan Instagram”
  5. Pada halaman setelahnya lanjutkan dengan memilih “Bagaimana cara menghapus akun Instagram saya?”
  6. Klik link “Hapus Akun Anda”
  7. Kemudian pilih Lanjutkan, jangan lupa untuk mengisi alasan mengapa Anda ingin menghapus akun tersebut.

Nah, ketika proses menonaktifkan akun Anda untuk sementara sudah berhasil, Anda dapat kembali mengaktifkan akun tersebut dengan mudah. Cara yang bisa Anda lakukan hanya login pada akun tersebut seperti pada umumnya. Jadi jangan khawatir akun Anda akan hilang atau sulit untuk diakses.

Perlu Anda perhatikan bahwa untuk menonaktifkan akun IG Anda tidak dapat dilakukan berulang kali dalam jangka waktu yang berdekatan. Anda mempunyai batas waktu dalam seminggu pasca pengaktifkan akun tersebut juka Anda berniat kembali untuk menonaktifkannya.

cara menonaktifkan instagram sementara

Menghapus Sementara Akun Instagram Melalui PC

Setelah mengetahui langkah-langkah menghapus akun via HP, Anda juga dapat melakukan nonaktif akun IG melalui PC atau browser yang akan kppnternate.net bagikan kali ini. Nah, berikut langkah-langkah menonaktifkan akun IG sementara melalui PC yang dapat Anda lakukan:

  1. Kunjungi website resmi Instagram yaitu Instagram.com baik via PC Anda selanjutnya , kemudian masuk ke akun Instagram yang ingin Anda nonaktifkan tersebut.
  2. Pilih foto profil yang terletak pada pojok kanan atas, selanjutnya pilih menu pengaturan.
  3. Kemudian klik Temporarily disable my account yang terletak di menu Edit Profile.
  4. Dilanjutkan dengan memilih alasan mengapa Anda ingin akun tersebut dinonaktifkan.
  5. Setelah itu ketik ulang password akun IG Anda lalu pilih “Temporarily Disable Account.”
  6. Ketika seluruh cara tersebut sudah Anda lakukan, maka akun Instagram Anda sudah berhasil di-nonaktifkan sementara. dan akun Anda sudah berhasil di-nonaktifkan.

Menghapus Permanen Akun Instagram

Jika Anda benar-benar ingin melakukan penghapusan akun IG secara permanen dengan berbagai macam alasan. Namun perlu diingat bahwa ketika Anda memilih untuk menghapus secara permanen akun IG tersebut. Anda tidak dapat mengakses kembali foto atau video yang Anda unggah sebelumnya.

Seluruh data yang ada di akun IG tersebut akan lenyap karena penghapusan permanen tersebut. Karenanya Anda perlu memikirkannya dengan matang untuk memilih opsi menghapus akun IG secara permanen ini. Hal ini dilakukan agar tidak ada penyesalan setelah Anda menghapus akun tersebut karena semua data tidak dapat dipulihkan kembali.

Berikut langkah-langkah yang Anda lakukan jika ingin melakukan penghapusan permanen akun IG.

  1. Masuk ke akun IG Anda baik itu melalui PC ataupun HP. Jika melalui PC, Anda login melalui browser sedangkan jika Anda masuk melalui HP maka langsung melalui aplikasi IG yang sudah terinstal.
  2. Selanjutnya pilih menu Penghapusan Akun Instagram dengan link (https://instagram.com/accounts/remove/request/permanent/)
  3. Setelah itu Anda harus memilih alasan mengapa akan melakukan penghapusan akun tersebut.
  4. Masukan kembali kata sandi akun Instagram Anda tersebut.
  5. Pilih menu ‘Permanently Delete My Account.’
  6. Setelah semua langkah di atas Anda lakukan, maka Anda harus menunggu konfirmasi dari pihak Instagram untuk penghapusan akun secara permanen dalam jangka waktu 3 bulan. Maka setelah jangka waktu tersebut akun Anda akan permanen dihapus total.

Demikianlah beberapa cara menonaktifkan IG yang bisa Anda lakukan. Pilih sesuai dengan kebutuhan Anda dan pikirkan dengan matang-matang saat ingin melakukan penghapusan permanen akun IG Anda tersebut. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment