Aplikasi Tidak Bisa Dibuka Pada Android

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa dibuka-Aplikasi android yang tidak bisa dibuka bisa disebabkan karena beberapa faktor. Misalnya karena versinya tidak kompatibel dengan OS android yang terpasang. Atau bisa jadi karena memori penyimpanannya yang terlalu penuh.

Penyimpanan internal yang penuh bisa disebabkan karena banyaknya aplikasi, data seperti foto dan video, sampai cache dari aplikasi yang sudah sangat menumpuk. Jika aplikasi tersebut sangat vital, tentu menjadi masalah tersendiri jika tidak bisa dibuka.

Maka dari itu sebelum tahu penyebab pastinya, anda mesti melakukan antisipasi perbaikannya dari cara paling mudah. Baru setelah mengatasinya dari cara paling mudah, anda akan mengetahui penyebab pastinya secara tepat. Berbagai jenis aplikasi bisa saja mengalami masalah tersebut. Proses perbaikannya pun cocok untuk hampir semua tipe smartphone android.

Aplikasi tidak bisa dibuka atau keluar sendiri memang sering terjadi pada smartphone apa saja. Hal ini dikarenakan bukan masalah dari smartphone kita saja, melainkan bisa juga di akibatkan karena aplikasi itu sendiri yang memang belum update sehingga terdapat banyak bug. Nah, berikut ini ulasan lebih lanjut untuk trik mengatasi aplikasi android yang tidak bisa dibuka.

aplikasi keluar sendiri

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka

Masalah aplikasi tidak dapat dibuka ini bisa dikarenakan karena banyak hal. Untuk itu cara mengatasinya pun berbeda-beda tergantung dengan yang menyebabkan hal tersebut.

Oleh sebab itu berikut ini kami rangkum beberapa cara yang mungkin bisa anda coba untuk bisa keluar dari masalah aplikasi android yang tidak bisa terbuka atau keluar sendiri sewaktu anda jalankan.

Hapus cache

Cache atau file sementara yang ada di aplikasi jika tidak dihapus, lama-lama akan menumpuk dan memengaruhi kinerja aplikasi tersebut. Untuk menghapus cache aplikasi, buka menu Pengaturan dan klik Setelan Tambahan. Pilih Manajemen Aplikasi.

Pilih aplikasi yang akan anda hapus cachenya. Tap opsi Hapus Cache. Anda juga bisa melakukannya secara otomatis dengan aplikasi cleaner.

Paksa berhenti dan hapus data

Clear data dan paksa berhenti akan menjadikan aplikasi kembali ke posisi semula. Semua data seperti cache, bookmark, sampai basis data akan hilang. Diharapkan aplikasi akan bekerja normal lagi dengan cara tersebut.

Buka menu Pengaturan di smartphone. Klik Setelan Tambahan dan pilih Manajemen Aplikasi. Tekan opsi Semua dan pilih nama aplikasi. Tap Paksa Berhenti dan klik Hapus Data.

Ganti versi lain

Aplikasi yang tidak kompatibel dengan OS Android akan menyebabkan smartphone mengalami error. Sebaiknya hapus aplikasi tersebut dan ganti dengan versi yang lebih ringan atau versi bawahnya.

Buka Pengaturan dan klik Setelan Tambahan. Pilih menu Manajemen Aplikasi dan cari nama Aplikasi yang anda inginkan. Tap Hapus Instalasi. Install ulang aplikasi tersebut dengan versi yang lebih sesuai dengan OS Android anda.

Reboot smartphone

Reboot smartphone bermanfaat untuk menyegarkan kembali sistem operasi yang sebelumnya padat. Bisa jadi sistem operasi yang kinerjanya sangat padat menyebabkan android kesulitan menjalankan perintah membuka aplikasi.

Matikan smartphone dan lepas komponen seperti memori card, SIM Card hingga baterai. Jika jenisnya tanam, cukup lepasnya SIM dan SD Card saja. Diamkan perangkat selama 30 detik dan pasang semua komponen kembali. Nyalakan ponsel dan jalankan aplikasi seperti biasa.

Anda bisa mencoba beberapa cara yang sudah kami sampaikan diatas satu persatu, sehingga anda bisa mengetahui apa yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi.

Akhir Kata

Itu dia beberapa metode sederhana untuk mengatasi aplikasi tidak bisa dibuka atau keluar sendiri pada smartphone android yang dapat kppnternate sampaikan. Semoga membantu anda dan semoga bermanfaat.

Leave a Comment