Mengingat pentingnya peningkatan pemahaman Bank/Pos Persepsi mitra kerja KPPN mengenai penatausahaan penerimaan negara dalam rangka pelaksanaan APBN dan Untuk meningkatkan konsolidasi serta kerjasama antara KPPN dan Bank/Pos Persepsi mitranya, KPPN Ternate mengadakan acara bertajuk “Sosialisasi Tugas Bank/Pos Persepsi Mitra Kerja KPPN Dalam Rangka Pelaksanaan APBN Tahun 2013″. Acara ini digelar pada hari Rabu, 20 Maret 2013, bertempat di Aula KPPN Ternate.

Berlangsung selama kurang lebih 3 jam, sosialisasi ini Dihadiri oleh perwakilan Bank/Pos Persepsi mitra KPPN Ternate. Bertindak sebagai moderator, yaitu Yuli Purwanto sedangkan yang menjadi narasumber adalah Kepala KPPN Ternate, Saor Silitonga, Kepala Seksi Bank Pos Syarifuddin, serta Staf Seksi Bank Pos Kondrado Karono Thomas dan Beny Kurnia Ardhi yang bertindak sebagai notulen. Sosialisasi ini sendiri dibagi ke dalam 3 sesi, yaitu sambutan oleh Kepala KPPN Ternate, Pemaparan materi oleh narasumber dan terakhir diisi dengan sesi tanyajawab.

Dalam sambutannya Kepala KPPN Ternate menyampaikan suatu jargon “start from end” yaitu memulai pemikiran Sosbankpos2013-2peranan Bank/Pos yang cukup besar untuk mengamankan pernerimaan/pengeluaran Negara. Selama ini masih didapati kurangnya pemahaman Bank/Pos mitra kerja KPPN Terhadap mekanisme maupun peraturan terkait dengan tugas Bank/Pos berhubungan dengan KPPN. Hal hal yang menjadi titik fokus dibagi menjadi dua, yaitu dari sisi Penerimaan Negara dan dari sisi Pengeluaran Negara . Dari sisi penerimaan negara, isu yang diangkat adalah Reversal, Ketepatan jumlah limpah, ketepatan waktu limpah dan Ketepatan Prosedur. Sedangkan dari sisi pengeluaran negara, dibahas mengenai Retur SP2D, ketepatan Jumlah penarikan dana dari RPK BUN,  Ketepatan waktu dan jumlah penyaluran SP2D serta ketepatan prosedur.

Acara selanjutnya diisi dengan pemaparan materi oleh narasumber

Materi yang disampaikan nara sumber adalah sebagai berikut:

  1. Ruang lingkup pengembalian penerimaan / pendapatan;
  2. Prosedur pembayaran pengembalian untuk tab dan tayl dan ;
  3. Prosedur pembalikan/reversal;
  4. Mekanisme layanan penerimaan negara    oleh bank/pos persepsi pada KCP/unit layanan lainnya;
  5. Pengiriman LHP ke KPPN dan perhitungan imbal jasa pelayanan.

Sosialisasi ini kemudian ditutup dengan sesi tanya jawab. Harapan KPPN Ternate dengan dilaksanakannya Sosialisasi ini agar kualitas pelayanan bank baik disisi penerimaan maupun pengeluaran negara dapat semakin meningkat.

Sinergi KPPN dan Bank Pos Persepsi

Bersama meningkatkan sinergi dalam mengemban tugas mengamankan penerimaan dan pengeluaran negara.

 

Tags: