Peraturan Menteri Keuangan Nomor 190/PMK.05/2012 yang telah dipublikasikan sejak Bulan November tahun yang lalu merupakan acuan dasar dari pelaksanaan APBN di Tahun 2013. Hadir menyempurnakan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 134/PMK.05/2005. Untuk itu, KPPN Ternate melakukan inisiatif melaksanakan Sosialiasi Pelaksanaan APBN Tahun Anggaran 2013. Pada hari Kamis, 14 februari 2013 di Gamalama Ballroom, Bela International Hotel, Kota Ternate. Acara ini dihadiri oleh para Kuasa Pengguna Anggaran satuan kerja mitra KPPN ternate.

Sosialisasi ini dibuka oleh Kepala KPPN Ternate, Saor Silitonga. Beliau menyampaikan perlunya penyamaan persepsi dan pengetahuan mengenai PMK 190 tahun 2012. Beliau juga menyinggung adanya retur menjadi kontraproduktif dengan penyelesaian SP2D  – 1 jam di KPPN. Kendala teknis di KPPN Ternate umumnya disebabkan kendala geografis – dari pulau ke pulau – bisa disiasati dengan lebih mengoptimalkan penggunaan email dan website. Satu terobosan yang dilontarkan oleh Kepala KPPN Ternate adalah, “Bila satker belum memiliki email, maka KPPN akan buatkan, dan username serta passwordnya akan disampaikan ke satker bersangkutan. Passwordnya silahkan diubah kemudian.”

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi sesi demi  sesi secara simultan. Sesi pertama diisi oleh Fahrullah sebagai customer service LPSE yang membawakan materi seputar LPSE Kementerian Keuangan serta  E-Procurement. Di sesi berikutnya, Peraturan Menteri Keuangan Nomor 190/PMK.05/2012 diulas secara mendalam oleh Ruli Okfian pelaksana Seksi Pencairan Dana. Selanjutnya para peserta sosialisasi mendapat suntikan semangat dan motivasi dari Kondrado Thomas, pelaksana Seksi Bank yang membawakan materi Penyelesaian Retur SP2D.  Sesi selanjutnya adalah penyampaian materi oleh Wida Novella,  pelaksana seksi verifikasi dan akuntansi. Sosialisasi kemudian ini ditutup dengan materi Review Belanja oleh Muhammad Muzakki Ismail, Kepala Seksi Bidang PP di Kanwil Ditjen Perbendaharaan Maluku Utara.

Dalam Sosialisasi PMK 190 ini, KPPN Ternate juga membagikan kuisoner serta lembar data satker. Dari Kuisoner ini akan dianalisa dan dijadikan feedback untuk pelaksanaan acara-acara yang akan di laksanakan oleh KPPN Ternate ke depan. Diharapkan dengan adanya Sosialisasi Pelaksanaan dan  Pertanggungjawaban APBN Tahun Anggaran 2013 ini, pemahaman para mitra kerja KPPN Ternate akan semakin bertambah dan pelaksanaan APBN taat azas dan tertib administrasi dapat berjalan dengan baik.

 

Tags: , , , , ,