Pembukaan Sosialisasi Pedoman Pelaksanaan APBN Akhir Tahun 2015

Pembukaan Sosialisasi Pedoman Pelaksanaan APBN Akhir Tahun 2015 oleh Kepala KPPN Ternate, Toding Luther dan Kakanwil DJPB Prov. Malut, Sulaimansyah

Ternate (23/10) – KPPN Ternate menggelar acara Sosialisasi Pedoman Pelaksanaan Penerimaan dan Pengeluaran Negara pada Akhir Tahun Anggaran 2015 bagi para satuan kerja (satker) di lingkungan KPPN Ternate yang digelar Rabu hingga Jumat (21 sd. 23 Oktober 2015) dibagi dalam empat batch/angkatan per bagian anggaran. Bertempat di aula KPPN Ternate, Acara dimulai dengan sambutan kepala KPPN Ternate, Toding Luther. Selanjutnya, Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Maluku Utara, Sulaimansyah  membuka secara resmi Sosialisasi ini. Tercatat 360 satker yang hadir dalam sosialisasi yang mengundang Bendahara Pengeluaran dan Pejabat Pembuat komitmen (PPK) ini.

Pengeluaran Negara pada Akhir Tahun Anggaran 2015 menjadi inti sosialisasi ini yang disampaikan oleh para narasumber dari Seksi Pencairan Dana didampingi moderator. Dalam pemaparannya narasumber menekankan bahwa dalam proses pencairan dana pada akhir tahun anggaran, para satker mengikuti timeline yang telah ditelah ditetapkan oleh Direktur Jendral perbendaharaan sesuai dengan PER-24/PB/2015. Narasumber juga menghimbau satker untuk membuat Rencana Penarikan Dana Harian untuk bulan Desember 2015 yang disampaikan ke KPPN paling lambat tanggal 27 November 2015.

Narasumber menyampaikan agar para satker menyampaikan sisa UP/TUP ke kas Negara paling lambat tanggal 30 Desember 2015 dan dalam hal bank telah tutup, satker disarankan menyetorkan sisa UP/TUP melalui ATM dengan MPN G2. Narasumber juga menekankan bahwa sisa UP/TUP yang disetorkan ke kas Negara bukanlah seluruh kas yang ada di brankas melainkan hanya sisa UP/TUP saja. Penyetoran semua kas di brankas ke kas Negara berpotensi menimbulkan lebih setor yang bisa mengganggu Laporan Keuangan Tingkat satker maupun Tingkat Kuasa BUN.

Semua pihak berharap agar dengan diadakanya sosialisasi ini, maka Pelaksanaan Penerimaan dan Pengeluaran Negara pada Akhir Tahun Anggaran 2015 dapat berjalan lancar dan lebih baik dibanding tahun sebelumnya sehingga target penyerapan anggaran tahun 2015 dapat tercapai dan pembangunan infrastruktur di daerah semakin berkembang.

Di bawah ini kami lampirkan timeline, agenda dan slide sosialisasi langkah-langkah akhir tahun 2015. Silahkan dipedomani dan dibagikan.

Timeline Batas waktu penyampaian SPM 2015 Agenda Akhir Tahun 2015

 

Tags: