Sosialisasi Langkah-Langkah Strategis Dalam rangka Pelaksanaan Anggaran TA. 2016 dilaksanakan di Aula KPPN Ternate pada tanggal 19 s.d 20 April 2016. Diikuti oleh 322 satuan kerja di wilayah pembayaran KPPN Ternate dan dibagi dalam 4 batch. Sosialisasi ini didasari oleh masih rendahnya tingkat penyerapan anggaran belanja non pegawai yaitu 8,51% hingga triwulan I tahun anggaran 2016.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Kepala KPPN Ternate, Toding Luther. Dalam sambutannya beliau menekankan pentingnya Rencana Penarikan Dana (RPD) yang tingkat deviasinya masih tinggi sehingga satker lebih mematangkan perencanaannya sebelum mengajukan RPD dan SPMnya. Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Maluku Utara yang diwakili oleh Kepala Bidang PPA I, Epy Sumanto menyampaikan keynote speech. Beliau mengucapkan terimakasih kepada seluruh satuan kerja yang telah membantu Kanwil DJPB Prov. Malut meraih prestasi Review Pelaksanaan Anggaran (RPA) terbaik.

Sosialisasi ini sendiri dibawakan oleh Abdul halim dan Affandi pattangai yang dipandu oleh Ramaditya dan Syukur Setiawan, yang mengupas secara tuntas tips dan trik percepatan pencairan anggaran dengan melakukan perencanaan yang benar-benar akurat, peningkatan kinerja pelaksanaan anggaran mulai dari proses perencanaan, pengadaan barang/jasa dan pelaksanaan anggaran.

Antusiasme para peserta yang terdiri dari PPK dan Bendahara terlihat dengan banyaknya pertanyaan dan tanggapan.