Sosialisasi langkah akhir tahun 2014Kegiatan  Negara seolah harus berhenti pada tanggal 31 Desember pukul 23:59 dalam konteks pelaksanaan anggaran belanja, sehingga seluruh kegiatan dan pembayarannya harus dapat diselesaikan atau dianggap selesai pada saat itu. Mengingat administrasi pembayaran adalah sebuah proses yang memerlukan waktu, maka setiap tahun Menteri Keuangan selaku Chief Financial Officer (COO) melalui Direktorat Jenderal Perbendaharaan mengeluarkan Peraturan Direktur Jenderal tentang Langkah-langkah Akhir Tahun Anggaran. Di Tahun 2014, Langkah-langkah Dalam Menghadapi Akhir Tahun Anggaran 2014 tertuang dalam Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor : 37/PB/2014.

KPPN Ternate menyelenggarakan sosialisasi  Langkah-Langkah Menghadapi Akhir Tahun Anggaran 2014. Acara ini digelar dua hari, dibagi dalam empat gelombang yaitu tanggal 17 dan 18 November 2014 dengan mengundang 343 satker mitra kerja KPPN Ternate. Sosialisasi ini dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Maluku Utara, Sulaimansyah. Beliau mengingatkan keadaan akhir tahun yang begitu rawan karena volume pencairan dana yang meningkat secara signifikan dibanding bulan-bulan sebelumnya.

Materi utama sosialisasi ini menyangkut Pengeluaran Negara, Penerimaan Negara dan Rekonsiliasi terkait akhir tahun anggaran. Tidak banyak perubahan dengan tahun yang lalu selain jadwal penyampaian SPM, setoran Negara maupun rekonsiliasi.

Tujuan dari pelaksanaan Sosialisasi ini adalah memberi pemahaman apa saja yang seharusnya dilakukan satker di penghujung tahun 2014 lengkap dengan jadwal pelaksanaannya serta ajang penyamaan persepsi antara KPPN dengan satker mitra kerjanya. KPPN Ternate berbagi tips dan trik bagi satker, mengambil pelajaran dari tahun-tahun sebelumnya. Beberapa hal penting kembali diingatkan kepada satuan kerja agar tidak terjadi trouble pada saat injury time. Hal ini akan menambah kesiapan baik KPPN sebagai kuasa BUN maupun satker itu sendiri.

Acara ini juga turut diliput oleh wartawan lokal Maluku Utara, sebagai media sosialisasi ke khalayak ramai.

Berikut ini kami tampilkan slide sosialisasi Perdirjen Perbendaharaan Nomor PER-37/PB/2014 Tentang Pedoman Pelaksanaan Penerimaan dan Pengeluaran Negara Akhir Tahun Anggaran 2014, terdiri dari slide Penerimaan Negara, slide Laporan Keuangan dan slide Pengeluaran Negara. Silahkan anda Download atau baca