Dalam rangka memperingati Hari Bakti Perbendaharaan Tahun 2018 yang jatuh pada tanggal 14 Januari 2018, KPPN Ternate menyelenggarakan berbagai macam kegiatan, antara lain menyelenggarakan Perbendaharaan Mengajar, Perbendaharaan Menyapa, malam refleksi/tasyakuran Bersama perwakilan satker,  Lomba Cerdas Cermat Tingkat SMA, kerja bakti di lingkungan KPPN Ternate, senam Bersama dengan perwakilan satker, penanaman pohon, serta kegiatan donor darah.

Kegiatan pertama dalam rangkaian kegiatan Hari Bakti Perbendaharaan 2018 yang dilakukan oleh KPPN Ternate adalah Perbendaharaan Mengajar, dimana perwakilan pegawai KPPN Ternate mengunjungi dan mengajar di tiga sekolah di Maluku Utara, yaitu MAN Gurabati pada 13 Januari, MAN Ternate pada 15 Januari, dan SMK Negeri 1 Ternate pada 17 Januari 2018. Para siswa di sekolah tersebut diperkenalkan tentang APBN secara umum, serta diberi penjelasan tentang tupoksi dan peran Ditjen Perbendaharaan dalam APBN.

Kemudian, Perbendaharaan Menyapa diwujudkan dalam dua kegiatan, yang pertama adalah bedah buku Kisah Sukses Dana Desa, yang dilaksanakan pada 13 Januari 2018 di aula KPPN Ternate dengan mengundang perwakilan 5 komunitas yang ada di Ternate. Kemudian pada 16 Januari 2018, Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Maluku Utara, Bapak Edward Nainggolan dan Kepala KPPN Ternate, Bapak Toding Luther, berkunjung ke RRI Ternate untuk ikut serta dalam program Sapa Pagi di Pro 1 RRI Ternate, untuk membahas berita-berita terkini tentang perbendaharaan negara dan peran Ditjen Perbendaharaan, khususnya di Maluku Utara.

Foto Bersama Satker Malam Tasyakur

Malam Refleksi bersama Perwakilan Satker

Kegiatan berikutnya adalah refleksi/tasyakuran, yang dilaksanakan pada 24 Januari 2018 di aula KPPN Ternate. Di acara ini, para pegawai KPPN Ternate dan perwakilan satker mitra kerja diajak untuk menyaksikan video sambutan dari Menteri Keuangan dan Direktur Jenderal Perbendaharaan. Hadirin juga diajak kembali ke masa lalu untuk mengenang perjalanan panjang Direktorat Jenderal Perbendaharaan dari era sebelum kemerdekaan hingga zaman milenial saat ini. Di acara ini, perwakilan satker juga diminta untuk mengenakan kaos HAI DJPb yang dibagikan oleh KPPN Ternate, untuk lebih memasyarakatkan keberadaan HAI DJPb kepada satuan kerja.

cerdas cermat

Para peserta dan juri Cerdas Cermat

Pada Lomba Cerdas Cermat tingkat SMA yang dilaksanakan pada 25 Januari 2018 di aula KPPN Ternate, perwakilan tiga SMA di kota Ternate, yaitu MAN 1 Ternate, SMK Negeri 1 Ternate, dan MAN 1 Tidore berlomba untuk memperoleh poin terbanyak dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar keuangan negara. Cerdas cermat berlangsung dengan meriah, diramaikan oleh penonton dari sekolah-sekolah tersebut, dan pegawai KPPN Ternate. Setelah tiga putaran yang sengit, MAN 1 Ternate berhasil meraih Juara I, disusul oleh SMK Negeri 1 yang meraih Juara II dan MAN 1 Tidore yang memperoleh Juara III. Ketiga SMA tersebut mendapat hadiah uang tunai yang diserahkan oleh juri cerdas cermat. Diharapkan dari kegiatan ini, wawasan siswa SMA tentang keuangan negara menjadi lebih terbuka.

kerja bakti

Kerja bakti di lingkungan KPPN Ternate

Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan sendiri, para pejabat dan pegawai KPPN Ternate melaksanakan kerja bakti pada hari Jumat, 26 Januari 2018. Pada kegiatan ini, para pegawai meluangkan waktu pada pagi hari untuk membersihkan dan merapikan halaman kantor, serta area lampu merah di depan kantor.

senam bersama

Senam bersama perwakilan satker

Kegiatan berikutnya adalah senam Bersama perwakilan satker mitra kerja, yang dilaksanakan di halaman Ternate Wonder Island (Waterboom Ternate) pada hari Sabtu, 27 Januari 2018. Selain untuk memeriahkan hari Bakti Perbendaharaan, senam Bersama ini juga bertujuan untuk menjalin silaturrahmi dengan satker mitra kerja. Senam Bersama dilanjutkan dengan sosialisasi pelaksanaan anggaran tahun 2018, yang dilaksanakan di aula Waterboom Ternate.

penanaman pohon

Penanaman bibit pohon di Desa Maitara Utara

Kemudian, pada hari Minggu, 28 Januari 2018, para pejabat dan pegawai KPPN Ternate menyeberangi lautan ke Pulau Maitara untuk melaksanakan penanaman pohon dalam rangka Perbendaharaan Peduli Lingkungan. 25 bibit pohon tanjung ditanam di desa Maitara Utara, dimana setiap pegawai berkontribusi menanam satu pohon. Bibit pohon ditanam di samping kiri dan kanan jalan desa yang sering dilalui oleh para wisatawan yang berkunjung ke sana. Diharapkan kerindangan pohon-pohon yang ditanam dapat dirasakan oleh masyarakat dan pengunjung desa tersebut di tahun-tahun yang akan dating.

Donor darah

Kepala KPPN Ternate dan perwakilan satker yang ikut mendonorkan darah

Pada 31 Januari 2018, KPPN Ternate menyelenggarakan Donor Darah di aula KPPN Ternate. Sebagai bentuk kepedulian terhadap yang membutuhkan, KPPN ternate beserta rekan-rekan dari satker mitra kerja seperti Ditsabhara Polda Maluku UItara, Kantor SAR Ternate, KPP PRatama Ternate, KPPBC Ternate, dan beberapa satker lainnya ikut menyumbangkan darah mereka dengan antusias. Meskipun tidak semua orang yang berpartisipasi berhasil mendonorkan darahnya, 50 kantong darah berhasil terkumpul dalam kegiatan donor darah ini.

Dengan selesainya acara donor darah, berakhir pula rangkaian kegiatan Hari Bakti Perbendaharaan 2018 yang dilaksanakan oleh KPPN Ternate. Diharapkan semua kegiatan dapat memberi manfaat ke pihak-pihak yang terlibat dan mempererat silaturrahmi antara KPPN Ternate dengan stakeholder-nya, untuk meningkatkan sinergi dalam pelaksanaan anggaran yang lebih baik. Sampai jumpa di Hari Bakti Perbendaharaan 2019!