Pelatihan DPP TNI

Narasumber Pelatihan DPP TNI memberikan pengarahan

KPPN Ternate menyelenggarakan pelatihan  aplikasi DPP-GPP tahun 2015 pada hari Senin 10 Agustus 2015. Kegiatan yang diikuti oleh 30 operator dari 6 kesatuan TNI AD di bawah Korem 152 Baabullah dan 6 kesatuan vertikal ini bertempat di Aula KPPN Ternate lantai II. Pelatihan yang berlangsung selama satu hari tersebut dibuka oleh Kepala Sub Bagian Umum, Ipansyah dan overview dari Kepala Seski Manajemen Satker dan Kepatuhan Internal, Sakirman serta dihadiri oleh Perwira Keuangan Korem, Mayor CKU Johannis Patty.

Dalam sambutannya, Ipansyah menyatakan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan, kemampuan dan keterampilan di bidang pengelolaan administrasi belanja pegawai kepada Satuan Kerja (Satker) atau unit akutansi kuasa pengguna anggaran di lingkungan TNI Angkatan Darat, karena aspek keuangan dalam mekanisme pemerintahan memegang peranan yang sangat penting. Oleh karena itu pelatihan seperti ini mempunyai urgensi yang sangat erat kaitanya dengan upaya melancarkan pelaksanaan tugas yang menjadi tanggung jawab bendahara masing-masing satker yang bersangkutan.

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan para petugas Pengelolaan Administrasi Belanja Pegawai (PPABP) mengetahui apa yang harus dikerjakan dan bagaimana mengerjakan tugasnya  tersebut. Hal ini sangatlah penting karena PPABP memberikan andil yang cukup besar dalam proses pembuatan laporan keuangan TNI AD.

Untuk menjadi PPABP peserta harus memiliki sikap yang responsif dan professional terhadap berbagai perubahan dalam manajemen keuangan secara berjenjang tingkat satker , wilayah dan tingkat unit organisasi TNI Angkatan Laut secara umum. Secara administrasi personil, kedudukan PPABP bertanggung jawab kepada kepala satkernya masing – masing, namun demikian pada tataran pembinaan teknis keuangan PPABP berada dalam pembinaan Dinas Keuangan TNI Angkatan Darat.

Kegiatan sosialisasi dengan narasumber Lutfi Fadhilla Arief dari Seksi Pencairan Dana KPPN Ternate menjelaskan, melalui Aplikasi DPP untuk gaji anggota TNI dan Aplikasi GPP untuk PNS di lingkungan TNI, Petugas Pengelolaan Administrasi Belanja Pegawai (PPABP) dapat mencatat, menghitung berbagai macam belanja pegawai seperti Gaji Induk (Bulanan), Gaji Susulan, Persekot Gaji, Gaji Terusan, Kekurangan Gaji, Uang Duka Wafat, Uang Duka Tewas, dan Gaji ke-13, uang lembur, SKPP dan Surat Permintaan Uang Duka sekaligus mencetak berbagai daftar permintaan pembayaran belanja pegawai, KP4, SSP, SPT Pajak dll. termasuk kartu pengawasan pembayaran gaji sehingga satuan kerja tidak perlu melakukan pengkartuan, secara manual.

Aplikasi ini didesain sesederhana mungkin, namun demikian tetap menghendaki pengisian selengkap mungkin elemen data masing-masing pegawai serta memperhatikan referensi maupun setting yang ada. Dengan demikian output aplikasi ini akan benar-benar valid sesuai dengan yang diharapkan.

 

Tags: , , , ,