KPPN Ternate mengirimkan para Penyuluh Perbendaharaannya dengan kualifikasi terbaik dalam Kegiatan  Pendidikan dan Pelatihan Bendaharawan 2013 yang dilaksanakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Prov. Maluku Utara. Dengan tema : “Peningkatan Kualitas dan Kompetensi Para Pengelola Keuangan Negara Dalam Rangka Pelaksanaan APBN”, kegiatan ini diadakan di Hotel Safitri Ternate sejak tanggal 18 hingga 29 Juni 2013. Maksud dari kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Bendaharawan ini adalah untuk memberikan pembekalan keterampilan kepada Bendaharawan dan Calon Bendahara di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM tentang pengelolaan uang persediaan, mengetahui sistem penerimaan dan pengeluaran negara serta bagaimana melakukan pembukuan dan pertanggungjawaban keuangan.

Balai Diklat Keuangan Manado yang diminta sebagai fasilitator dalam kegiatan ini, melimpahkan tugas sebagai instruktur kepada Penyuluh Perbendaharaan di KPPN Ternate yang lebih kompeten. Adapun pesertanya terdiri dari para pegawai di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Maluku Utara baik Kantor Wilayah, UPT Pemasyarakatan dan Imigrasi.

Materi dalam Pendidikan dan Pelatihan Bendaharawan ini terdiri dari:

  1. Pengelolaan Uang Persediaan;
  2. Pengujian dan Pembayaran Tagihan;
  3. Perpajakan Bendahara Pengeluaran;
  4. Pembukuan Bendahara Pengeluaran;
  5. Pelaporan dan Pertanggungjawaban Bendahara Pengeluaran;
  6. Sistem Penerimaan dan Pengeluaran Negara;
  7. Etika Profesi Bendahara;
  8. Pemberantasan Korupsi & Penyelesaian Kerugian Negara
  9. Kebijakan APBN.

Secara simultan mengisi jadwal yang disediakan oleh panitia, para penyuluh perbendaharaan KPPN Ternate yang terdiri dari delapan orang yaitu Abdul Halim, Fahrullah, Kondrado Thomas, Mochammad Anas, Rahmat Hidayat, Ruli Okfian, Wida Novela, dan Yoga Bagus Sudana turut menjadi narasumber yaitu Kepala KPPN Ternate – Saor Silitonga dan Kepala Seksi Pencairan Dana – Tukima.

Sejak pagi hingga malam para penyuluh perbendaharaan KPPN Ternate all out memberikan tutor berupa teori dan praktek. Di akhir kegiatan ini, juga diadakan evaluasi untuk mengukur sejauh mana pemahaman para peserta diklat terhadap materi yang telah diberikan. Dari hasil evaluasi menunjukkan para peserta mendapatkan nilai yang bagus, sementara bagi para penyuluh perbendaharaan yang juga ikut dinilai oleh Balai Diklat Keuangan mendapatkan hasil yang bagus pula disertai dengan penerimaan sertifikat penghargaan dari BDK Manado.