Penyerahan Piagam WBK dan WBBM

Penyerahan Piagam WBK dan WBBM dari Kepala Kanwil Ditjen perbendaharaan Prov. Malut kepada Kepala KPPN Ternate

Reformasi Birokrasi bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), harus dimaknai dengan perubahan pola pikir, laku, dan aksi dari diri ASN itu sendiri. Pola pikir dilayani menjadi melayani, laku yang kurang produktif dan tidak profesional menjadi produktif dan profesional, aksi yang koruptif menjadi tidak koruptif, sehingga secara otomatis dan berlangsung dinamis akan bertumbuh dan tercipta sosok ASN yang profesional, bertanggung jawab, berintegritas tinggi, serta terbebas dari unsur KKN. Pemerintah melalui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, menerbitkan Permenpan RB Nomor 52 Tahun 2014, tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Lingkungan Instansi Pemerintah, yang ditindaklanjuti melalui Keputusan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor KEP-814/PB/2016 tentang Pedoman Akselerasi Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM Pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN).

Melalui keputusan tersebut, dari total 181 KPPN yang tersebar di Indonesia, ditetapkan 66 KPPN sebagai unit percontohan yang akan dinilai dan dievaluasi oleh Tim Penilai Internal, dalam hal ini oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan, dalam rangka memperoleh kriteria Pembangunan ZI Menuju WBK dan WBBM. Setelah melalui tahapan penilaian oleh Tim Penilai Internal, diterbitkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor KEP-549/PB/2017 tanggal 26 Oktober 2017 yang menetapkan 43 KPPN dinyatakan telah memenuhi kriteria Pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM, salah satunya adalah KPPN Ternate.

Rabu 29 November 2017, bertempat di aula KPPN Ternate, di tengah pelaksanaan Sosialisasi Penatausahaan Bank Garansi serta Pelaksanaan Penerimaan Negara di Akhir TA 2017, dilaksanakan acara penyerahan Piagam Penghargaan Dirjen Perbendaharaan atas predikat Unit Kerja Yang Memenuhi Kriteria Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM yang diserahkan oleh Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Maluku Utara.

Di hadapan undangan yang dihadiri oleh para pimpinan bank/pos persepsi dan para kepala satuan kerja lingkup kerja KPPN Ternate, Kepala KPPN Ternate, Toding Luther memberikan sambutan atas predikat yang dicapai KPPN Ternate tersebut. Toding menyampaikan  di tahun 2017 ini KPPN Ternate memperoleh 2 penghargaan yang prestisius. Pertama adalah Sertifikat Manajemen Mutu ISO 9001: 2008 pada 10 April 2017, dan kedua penghargaan Unit Kerja Yang Memenuhi Kriteria Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM yang mengiringi misi baru, yakni KPPN Ternate Menuju Zona Integritas WBK dan WBBM.

Paduan Suara KPPN Ternate

Paduan Suara KPPN Ternate mengumandangkan soundtrack KPPN Ternate dengan penuh semangat.

Turut memberikan sambutan, Edward U. P. Nainggolan selaku Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Maluku Utara. Dalam sambutannya Edward mengajak seluruh birokrasi pengelola dana APBN, untuk mengelola dananya secara efektif, efisien, dan akuntabel .Pengelolaan yang professional, berintegritas, bersih dan bebas dari KKN. Selain itu, Edward juga mengajak segenap institusi layanan publik mulai dari jajaran perbankan dan pos persepsi, jajaran satuan kerja, serta segenap intansi vertikal Kementerian Keuangan di Provinsi Maluku Utara, yakni aparat Perpajakan, Kepabeanan dan Cukai, Kekayaan Negara dan Lelang, serta Perbendaharaan untuk saling bersinergi dan berkontribusi nyata dalam mensukseskan dan mendukung pelaksanaan program nasional di Maluku Utara sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing. Mengakhiri sambutannya, Edward mengemukakan misinya, untuk mengawal KPPN Ternate menjadi Unit Kerja Terbaik di Lingkungan Kementerian Keuangan.

Dengan bekal penghargaan tersebut, KPPN Ternate berkomitmen dan bertekad, menjadi role model bagi pelayanan publik di Negeri Kie Raha ini. Role model di tengah maraknya stigma negatif yang berkembang masyarakat, terkait rendahnya kualitas dan makna layanan publik yang dilakukan oleh beberapa oknum aparatur sipil negara.

Dalam acara ini, turut pula dipersembahkan soudtrack KPPN Ternate yang dibawakan oleh paduan suara KPPN Ternate, yang berisi nilai-nilai kementerian Keuangan dan seruan semangat kerja demi pelayanan terbaik demi pembangunan di daerah Maluku Utara.

 

Tags: