Kurang lebih sebulan sejak tanggal 30 Maret 2015 sebanyak 360 peserta mengikuti penyelenggaraan Diklat Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual dan Aplikasi SAIBA di Kantor Wilayah DJPBN Provinsi Maluku Utara dan KPPN Ternate. Diklat ini merupakan angkatan terakhir dari 8 angkatan yang diselenggarakan di Ternate.

Dalam kesempatan ini, diklat dibuka secara langsung oleh Kepala Kantor Wilayah DJPBN Provinsi Maluku Utara, Bapak Sulaimansyah, Kepala KPPN Ternate, Bapak Toding Luther, dan Kepala Bidang PAPK Kanwil DJPBN Provinsi Maluku Utara, Bapak Wahyu. Dalam kesempatan ini Bapak Sulaimansyah menjelaskan alasan dan perinsip penyelenggaraan diklat ini. Sebagaimana diketahui, Pemerintah dan DPR sepakat untuk mengimplementasikan akuntansi Berbasis Akrual mulai tahun 2015. Dasar Hukumnya antara lain :

  • UU Nomor 17 tahun 2003 tentang Keuangan Negara
  • UU Nomor 1 tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara
  • PP Nomor 71 tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan

Adapun manfaat yang diharapkan dalam pelaksanaan sistem akuntansi berbasis akrual ini adalah :

  • Memberikan gambaran yang utuh atas posisi keuangan pemerintah
  • Menyajikan informasi yang sebenarnya mengenai hak dan kewajiban pemerintah
  • Bermanfaat dalam mengevaluasi kinerja pemerintah terkait biaya jasa layanan, efisiensi, dan pencapaian tujuan

Bapak Sulaimansyah menjelaskan tantangan yang akan dihadapi dalam Penerapan Akuntansi Berbasis Akrual di Indonesia nantinya, antara lain terkait dengan sistem akuntansi dan IT based system, komitmen dari pemimpin , tersedianya SDM yang kompeten, resistensi terhadap perubahan, serta dari lingkungan/masyarakat. Oleh karena itu, mengingat pentingnya diklat ini maka diharapkan hasil yang diperoleh selama diklat maksimal sehingga dapat membantu pekerjaan para peserta, selaku para bendahara dan operator SAIBA.

 

 

Tags: , ,