Sehubungan dengan semakin tingginya tuntutan pekerjaan dan semakin dibutuhkannya ide-ide yang lebih inovatif maka dibutuhkan SDM yang lebih berkualitas. SDM yang berkualitas ini ternyata tidak hanya didapatkan dari kemampuannya secara individual saja tetapi bagaimana dia bisa memanfaatkan kemampuannya dalam sebuah komunitas dimana ide bersama dikumpulkan menjadi satu terobosan baru. Oleh karena itu, kerjasama team menjadi satu faktor penting dalam membangun semangat pegawai untuk berinovasi dan melahirkan ide-ide positif demi mencapai target kerja yang optimal.

Banyak cara yang dilakukan oleh komunitas dalam hal ini kantor untuk mencapai tujuan tersebut. Mulai dari kegiatan formal dan informal. Pendidikan dan pelatihan yang formal, rapat dan diskusi hingga kegiatan outbound yang banyak orang juga sebut dengan istilah company outing, adventure education, team building, dan motivation training. Outbound atau Outward bound ternyata bukan hanya bermakna kegiatan yang menggunakan sarana diluar ruang, melainkan juga bermakna out of bounderise “Keluar dari bingkai/frame kebiasaan” dimana peserta diajak untuk berpikir luar biasa dan membuat terobosan-terobosan baru.

SDM yang berkualitas, semangat kerja yang tinggi, kebersamaan dan rasa bertanggung jawab atas pekerjaan, inovasi dan terobosan-terobosan baru adalah juga yang menjadi alasan KPPN Ternate mengadakan Capacity Building pada hari Sabtu tanggal 21 Oktober 2017 dalam bentuk Outbound, bertempat di Rumah Alam Manado. Panitia kali ini mengambil tema “Kebersamaan adalah Permulaan -Menjaga Kebersamaan adalah Kemajuan – Bekerjasama adalah Keberhasilan”. Semangat kerja sama dan semangat berinovasi menjadi tujuan dari kegiatan ini. Harapan besarnya adalah semakin banyak pegawai yang memiliki semangat kerja dan semangat melahirkan ide – ide baru dan terobosan baru bagi kemajuan kantor. Semangat dalam berinovasi ini pastinya di dapatkan juga atas adanya kerjasama dalam sebuah kantor. Oleh karena itu penting ada sebuah kegiatan yang dapat menghasilkan output seperti ini. Outbound yang bukan hanya berarti kegiatan di luar ruangan tadi menjadi salah satu cara yang baik. Outbound kali ini juga telah mengajak para pegawai untuk keluar dari kebiasaan yang ada supaya berpikir luar biasa demi sebuah terobosan baru.

Kegiatan ini sendiri dimulai dari pagi hari sekitar pukul 07.00 WIT. Kegiatan dimulai dari kantor dan berangkat menuju Bandara Sultan Baabullah Ternate. Pagi hari hujan turun di daerah utara Kota Ternate dan sempat membuat peserta khawatir akan keberlangsungan kegiatan ini. Namun, panitia yang lebih dahulu berada di lokasi melaporkan bahwa Manado sangat cerah.

Sesampainya di Bandara Sam Ratulangi Manado seluruh pegawai kemudian diangkut dengan menggunakan dua buah bus pariwisata. Di lokasi, para peserta berjalan kaki sejauh kurang lebih 500 meter menuju tempat kegiatan. Setelah itu senam anti stroke dimulai sebagai pemanasan. Peserta kemudian dibagi dalam kelompok 2. Ada dua kategori kegiatan yang dilakukan kali ini. Dari pagi sampai menjelang Ishoma adalah game individu dan secara group yang membutuhkan kekompakan dan strategi bersama untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan. Sesi ini ditutup dengan aksi yang cukup ekstrim yaitu menyeberangi pecahan kaca dengan kaki telanjang. Seluruh peserta diwajibkan melewati tantangan tersebut. Game ini melatih keberanian individu.

Kemudian setelah Ishoma sampai menjelang penutupan diadakan permainan secara individual tetapi masih dalam satu kelompok. Games tersebut terdiri dari spider net, hight rope, hanging bridge, hingga flying fox. Permainan ini memiliki manfaat untuk Melatih Percaya Diri, Menghilangkan trauma pada kegagalan atau rasa takut gagal , Melatih profesionalisme dan tanggung jawab, Melatih peserta untuk cepat mengambil keputusan, Melatih keberanian, Merubah pola pikir
dan Memberi pengalaman baru pada peserta outbound

 

Acara penutupan di isi dengan sesi motivasi dari instruktur Rumah Alam Manado. Ada beberapa hal yang disampaikan yang bisa dikutip dan dilaksanakn dalam dunia kerja. Secara garis besar dia menyampaian pentingnya seorang pegawai menjadi pribadi yang positif, mampu melihat peluang, percaya diri, mampu bekerjasama dan mampu memandang segala persoalan dari pemikiran yang positif.

Kekompakan pegawai semasa outbound diharapkan akan terbawa sampai ke kantor. Kondisi-kondisi yang terjadi semasa outbound menjadi cerminan dan gambaran dalam bekerja bagi si pegawai. Ketika ada masalah yang terjadi di kantor maka akan lahir sebuah Suasana baru yang lebih solid antara pegawai. Lalu ketika ada tuntutan baru untuk melahirkan inovasi atau terobosan baru maka antara satu pegawai dengan yang lainnya akan saling bekerjasama memikirkannya. Suasana kantor yang seperti ini akan menjadi sebuah pemandangan yang bagus dan menarik dalam menunjang pekerjaan karena pada akhirnya segala keberhasilan dan kegagalan sebuah kantor akan menjadi tanggung jawab bersama.

 

 

Tags: ,