siapa diri kitaDibawakan oleh Kasubag Umum KPPN Ternate, Ipansyah, Hari Senin, 22 Juli 2013, dalam Acara Semangat Pagi yang rutin dilaksanakan di KPPN tiap Hari Senin dan Kamis.

 

Siapa saya

Mari kita bersama sama merenung ….. menunduk sebentar, untuk melihat diri kita. Tanyakan kepada diri sendiri….. siapa saya ? Tentu kita akan mendapat jawaban bahwa kita adalah manusia. Yang katanya gagah perkasa, yang katanya tampan, yang katanya cantik, yang katanya pintar, yang katanya biasa biasa saja…… tidak memiliki keistemawaan, katanya siapa ? siapa yang mengatakan……. kita juga tidak tahu.

 

Siapa sih diri kita ini……….

Pendapat2 para filosofi pujangga budayawan sejarawan maupun ahli pikir lainnya, mengatakan manusia adalah hasil uji coba alien, manusia adalah hasil cloning alien,  manusia adalah binatang yang berakal, bahkan manusia adalah hasil evolusi dari makhluk lain.

 

Siapa sih diri kita ini…………

Coba kita perhatikan dan resapi, benda apa yang ada pada diri kita. Kulit daging tulang darah kuku rambut, barangkali itulah diri kita. Coba bandingkan dengan hewan, sapi kerbau kambing gajah singa badak ikan dls. Apa bedanya ? hanya persepsi kita yang mengatakan berbeda, namun kita terlalu angkuh untuk mengakui kalau pada dasarnya manusia dan hewan adalah sama, sama punya kulit, sama punya daging, sama punya tulang, sama punya darah, sama punya kuku, sama punya rambut.

 

Siapa sih diri kita ini…………

Sesuai dengan ajaran2 agama kepercayaan keyakinan yang kita anut, manusia adalah manusia ciptaan Allah Tuhan sekalian alam yang merupakan makhluk penghuni bumi paling sempurna, yang diperintahkan untuk mengelola alam, memimpin para makhluk lainnya, mengatur sesama manusia itu sendiri, menjadi khalifah dimuka bumi.

Tetapi dengan mandat yang sangat besar itu…….bukan berarti kita bisa semena mena dalam memperlakukan makhluk lain, apalagi terhadap sesama manusia.

 

Apa sih hebatnya kita….

Padahal kita ini adalah makhluk yang diciptakan…..padahal kita ini adalah tidak lebih besar dari sebutir debu………padahal kita ini adalah makhluk yang diperintah…….makhluk pembantu………. Makhluk hina dina yang derajatnya ditinggikan oleh Sang Pencipta.. Sang khaliq.. Allahurabbul’alamin

 

Kalau kita sudah menyadari siapa diri kita ini…..

Kenapa kita harus merasa lebih cantik dibandingkan orang lain……… kenapa kita harus merasa lebih tampan dibandingkan orang lain…… kenapa kita harus merasa lebih pintar dibandingkan orang lain……… kenapa kita harus merasa lebih tinggi derajatnya dibandingkan orang lain………kenapa kita harus merasa lebih berkuasa dibandingkan orang lain…

 

Kalau kita sudah menyadari siapa diri kita ini…..

Kenapa sulit sekali kita beramah tamah dengan sesama… Kenapa sulit sekali kita tersenyum dengan tamu mitra kerja kita… Kenapa sulit sekali kita bersopan santun dalam melayani mitra kerja kita… Kenapa sulit sekali kita menerapkan sikap peduli terhadap mitra kerja kita…

 

Kalau kita sudah menyadari siapa diri kita ini…..

Kenapa kita harus memasang wajah angker dalam melayani tamu…. Kenapa kita harus acuh ta acuh.. kenapa kita harus ketus terhadap orang yang punya kepentingan dengan kita… padahal kita tidak lebih baik… tidak lebih sempurna dari mereka.

 

Ya Allah, ampunilah kami yang sombong ini, ampunilah kami yang tidak tahu diri ini

Kami ingin lebih baik lagi…….. kami ingin lebih ramah lagi……… kami ingin lebih santun lagi………kami ingin lebih peduli lagi… karena kami dan mereka adalah sama.. sama sama ciptaanMu

Ya Allah, berilah kami kekuatan untuk melakukan perubahan itu.

 

Tags: