Dari sekian banyak pertanyaan yang masuk ke sini, kami menghimpun beberapa pertanyaan yang paling sering dilayangkan netters/calon pendaftar disertai jawaban untuk memudahkan, sebab hal yang sama setidaknya berlaku pula bagi pendaftaran CPNS di tempat lain.

 

F.A.Q
(Frequently Asked Questions)
Rekrutmen CPNS Kementerian Keuangan Tahun 2014
(Teknis)


 

1. Mengapa ada batas waktu minimal 24 jam dari registrasi pada Panselnas dengan registrasi pada laman Rekrutmen Kemenkeu?

 

Data yang pelamar masukkan pada portal Panselnas, akan di transfer ke dalam database Rekrutmen Kemenkeu. Proses transfer tersebut membutuhkan waktu dan dilakukan secara berkala (terjadwal) agar tidak mengganggu proses pendaftaran pada masing-masing laman. Untuk hasil yang optimal (data pelamar di transfer seluruhnya) kami menyarankan pelamar menunggu 1×24 jam setelah pendaftaran pada portal Panselnas, sesuai Pengumuman Nomor PENG-02/PANREK/VIII/2014.


2. Saya berulang kali gagal login pendaftaran CPNS. Apa penyebabnya?

 

  • Kegagalan login pendaftaran CPNS pada laman Rekrutmen Kemenkeu dapat terjadi karena beberapa sebab :
  • Data pelamar dari Panselnas belum di transfer ke database Rekrutmen Kemenkeu (batas waktu untuk transfer data adalah 24 jam setelah pendaftaran dari portal Panselnas).
  • Username dan atau password pelamar salah.
  • Pelamar tidak memilih instansi Kementerian Keuangan pada saat pendaftaran awal di portal Panselnas.
  • Perlu diketahui bahwa data yang di transfer dari portal Panselnas ke dalam database Rekrutmen Kemenkeu adalah data para pelamar yang hanya memilih instansi Kementerian Keuangan saja. Sehingga apabila pelamar pada saat pendaftaran pertama pada portal Panselnas tidak memilih instansi Kementerian Keuangan, maka data pelamar tersebut tidak akan di transfer ke dalam database Rekrutmen Kemenkeu, yang menyebabkan pelamar tersebut tidak dapat login di laman Rekrutmen Kemenkeu.

3. Saya berulang kali gagal login untuk upload pendaftaran CPNS. Apa penyebabnya?

 

Kegagalan login untuk upload pendaftaran CPNS pada laman Rekrutmen Kemenkeu dapat terjadi karena beberapa sebab :

  • Pelamar belum login dan mendaftar (login, mengisi form pendaftaran dan menyimpannya sampai berhasil) pada laman Rekrutmen Kemenkeu. Adapun tanda peserta berhasil registrasi adalah mendapat nomor registrasi dan datanya dapat dilihat/preview pada saat akan mengupload file pendaftaran.
  • Username dan atau password pelamar salah.

Perlu diketahui bahwa urutan pendaftaran online Rekrutmen CPNS Kemenkeu Tahun 2014 setelah pendaftaran dari portal Panselnas adalah sebagai berikut :

a. Login Pendaftaran CPNS

Pelamar harus melakukan login dan mendaftar dengan mengisi formulir pendaftaran (mengisikan identitas diri, pilihan jabatan, unit, lokasi ujian, dsb) yang ada di dalamnya, dan menyimpannya sampai berhasil.

Terdapat notifikasi berhasil dan mendapatkan nomor registrasi apabila pelamar berhasil melakukan pendaftaran, dan datanya akan tersimpan pada database. Alamat url login dan mendaftar ada pada: http://rekrutmen.kemenkeu.go.id/Form_Auth.asp

b. Upload Dokumen Pendaftaran

Pelamar yang telah berhasil login dan mendaftar (pada poin no.1) berhak melakukan upload dokumen pendaftaran. Apabila pelamar tidak dapat melakukan upload dikarenakan permasalahan login, sebaiknya di cek pada poin no.1 (Apakah peserta berhasil melakukan login dan mendaftar sampai berhasil?). Alamat url login untuk upload dokumen pendaftaran ada pada: http://rekrutmen.kemenkeu.go.id/Upload_Dokumen.asp

c. Cetak Bukti Pendaftaran

Pelamar yang telah berhasil mengupload dan melengkapi dokumen pendaftaran (pada poin no.2) berhak melakukan cetak/download tanda bukti pendaftaran. Alamat url login untuk cetak/download tanda bukti pendaftaran ada pada: http://rekrutmen.kemenkeu.go.id/Cetak_Formulir.asp

Setiap pelamar harus memastikan setiap langkah telah dilakukan dengan urut dari poin a sampai dengan c.


4. Apakah saya bisa mendaftar dua kali?

 

Tidak bisa. Sistem dan kebijakan rekrutmen CPNS Kementerian Keuangan hanya akan mengijinkan pelamar untuk melakukan pendaftaran sebanyak satu kali saja.


5. Mengapa setiap klik tombol “Simpan” tampilan langsung keluar/logout?

 

Ada kemungkinan hal itu terjadi karena kompatibilitas browser yang tidak sesuai dengan laman Rekrutmen Kemenkeu. Disarankan pelamar mencoba nya kembali dengan menggunakan browser internet yang lain dengan versi terbaru.


6. Saya sudah berhasil upload file/dokumen, tetapi kenapa ketika saya tinjau (preview) hasilnya tidak muncul?

 

Ada kemungkinan hal itu terjadi karena server Rekrutmen Kemenkeu belum selesai melakukan sinkronisasi file yang telah diupload. Perlu diketahui bahwa server melakukan sinkronisasi file secara terjadwal setiap satu jam sekali agar pelamar dapat meninjau (preview) kembali filenya yang telah diupload dengan baik dan benar.

Dikarenakan hal itu, setelah mengupload file/dokumen pendaftaran, pelamar disarankan:

1.      Logout/Keluar terlebih dahulu, sambil menunggu proses sinkronisasi file selesai. Baru kemudian melakukan peninjauan (preview) file/dokumen yang telah diupload.

2.      Tidak terburu-buru untuk melakukan pencetakan tanda bukti pendaftaran, sebelum file/dokumen hasil upload pelamar dapat di tinjau (preview) dengan baik dan benar.


7. Saya sudah berhasil upload file/dokumen pendaftaran, dan karena file/dokumen saya salah, saya mengupload ulang file/dokumen pendaftaran saya. Tetapi kenapa ketika saya tinjau (preview) file/dokumen yang muncul bukan file/dokumen yang terbaru?

 

Ada kemungkinan hal itu terjadi karena cache browser pelamar masih menyimpan file/dokumen pendaftaran yang lama. Untuk itu, lakukan refresh dan bersihkan cache pada browser (CTRL+F5) pada saat pelamar meninjau (preview) file/dokumen hasil upload.


8. Transkrip nilai saya terdiri dari 4 lembar. Apakah saya jadikan satu file transkrip nilai tersebut dan diunggah? Saya khawatir transkrip tidak jelas terbaca kalau semuanya saya jadikan 1 file. Atau saya hanya unggah 1 lembar transkrip yang terdapat keterangan nilai IPK saja?

 

Bila pelamar mempunyai ijazah/transkip lebih dari 1 lembar / bolak-balik, diusahakan pelamar menscan semua lembar ijazah/transkrip nilai, dan tulisan yang tercantum dalam hasil scan tersebut harus jelas terbaca oleh Kami dan tidak terpotong.


9. Berapa ukuran maksimal Ijazah yang dapat diunggah/upload?

 

Ukuran maksimal tidak lebih dari 300KB dan dalam format .PDF serta dapat dibaca (minim reduce file hingga format acrobat reader 5.0).


10.  Apakah username dan password bersifat case-sensitive?

 

Ya, username dan password bersifat case-sensitive, maka mohon diperhatikan penggunaan karakter yang digunakan (huruf besar, huruf kecil, tanda baca, spasi, dsb) harus identik atau sama persis dengan password yang pelamar buat pada saat pertama kali mendaftar pada portal Panselnas.


11.  Bagaimana bila pada saat melakukan proses pendaftaran online tiba-tiba koneksi terputus? Apakah data saya hilang?

 

Pelamar dapat mengecek terlebih dahulu apakah data pendaftaran telah tersimpan atau belum. Apabila data pendaftaran pelamar belum tersimpan, proses pendaftaran online harus diulangi. Hak pelamar tidak akan hilang selama belum melakukan pendaftaran.


12.  Bagaimana bila saya lupa password?

 

Aplikasi pendaftaran ini tidak tersedia menu “lupa password”, sehingga pelamar harus mengingat-ingat kembali username dan password yang digunakan.

Pada saat pendaftaran pada portal Panselnas, pelamar mendapatkan email konfirmasi dari Panselnas yang berisikan username dan password pelamar. Jika pelamar lupa password, pelamar dapat membuka dan membaca kembali email konfirmasi dari Panselnas tersebut.


13.  Apakah saya bisa merubah data diri saya setelah proses pendaftaran online?

 

Pelamar dapat merubah data diri apabila pelamar belum menyimpan data dengan cara menekan tombol “Simpan”. Mengingat data yang sudah disimpan tidak dapat diubah, diharapkan pelamar memeriksa terlebih dahulu data yang sudah di input sebelum menyimpannya.


14.  Bagaimana bila Bukti Pendaftaran Online yang sudah saya cetak hilang, apakah saya bisa mencetak ulang? Bagaimana caranya?

 

Pelamar bisa kembali mencetak bukti pendaftaran tersebut, dengan memilih menu “Cetak Bukti Pendaftaran” kemudian login dengan username dan password yang telah pelamar buat pada saat pendaftaran.


15.  Bagaimana bila Bukti Pendaftaran Online yang ingin saya cetak tidak muncul datanya?

 

Pelamar dapat mencetak kembali melalui menu “Cetak Bukti Pendaftaran” beberapa jam lagi atau pada saat kondisi server tidak sibuk, dengan login menggunakan username dan password yang telah pelamar buat pada saat pendaftaran.


16.  Apakah saat ini laman pendaftaran online untuk sedang bermasalah? Karena ketika saya menginput Formulir Pendaftaran selalu menerima pesan error/File tidak dapat diupload?

 

Bila pelamar mengalami hal seperti itu, kami mohon untuk mencobanya beberapa jam lagi atau pada saat malam hari, hal itu terjadi dikarenakan banyaknya calon pelamar yang masuk ke dalam laman kami.


17.  Saya ingin menggunggah/upload berkas tetapi prosesnya lama kemudian terputus. Bagaimana agar proses menggunggah/upload dapat lebih cepat?

 

Hal tersebut dapat disebabkan karena kesibukan di server kami dan/ atau kualitas jaringan di tempat pelamar. Kami menyarankan untuk mencoba mengunggahnya di malam hari atau pada saat laman kami tidak banyak diakses oleh banyak pelamar.

 

Tags: