Avatar

Please consider registering
guest

sp_LogInOut Log In sp_Registration Register

Register | Lost password?
Advanced Search

— Forum Scope —




— Match —





— Forum Options —





Minimum search word length is 3 characters - maximum search word length is 84 characters

sp_Feed Topic RSS sp_TopicIcon
[Tips dan Trik] Cara agar lolos Tes CPNS Kementerian Keuangan
04/09/13
7:54 am
Avatar
admin
Admin
Forum Posts: 150
Member Since:
06/03/13
sp_UserOfflineSmall Offline

Sebelumnya, anda mungkin telah membaca Pengumuman Rekrutmen CPNS Kementerian Keuangan Tahun 2013 di SINI. Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tips lolos CPNS Depkeu.

 

Tahapan Tes CPNS Depkeu
Pelaksanaan tes CPNS Depkeu melewati beberapa tahapan. Tahapan-tahapan yang harus dilalui ini menggunakan sistem gugur bagi peserta yang gagal dan tidak sesuai dengan ketentuan yang diinginkan Kementerian Keuangan. Berikut adalah tahapan yang harus dilalui dalam tes ini.

1. Tahap seleksi administrasi

Image Enlarger

Tahap seleksi administrasi ini merupakan tahap awal dalam pelaksanaan tes. Dalam tahap ini, setiap orang yang memiliki ketentuan atau syarat yang diajukan panitia penerimaan CPNS Depkeu dapat melakukan pendaftaran. Pendaftaran dilakukan melalui website panitia penerimaan CPNS Depkeu.

Setiap pendaftar akan dicek apabila lengkap dan sesuai maka akan masuk dalam seleksi administrasi yang artinya lolos menjadi peserta tes. Pada tahapan ini, penting untuk memerhatikan dengan baik form isian pendaftaran yang dilakukan melalui website. Oleh karena itu, sebaiknya teliti terlebih dahulu setiap form isian yang akan dikirimkan.
TIPS :

  1. Mendaftarlah pada malam hari, karena servernya lebih stabil
  2. Direktorat Jenderal Pajak, Bea Cukai, Perbendaharaan atau Kekayaan Negara memiliki kantor di seluruh Indonesia. Selain direktorat itu, penempatannya di Jakarta

2. Tahap penyerahan berkas

Image Enlarger

Ketika pendaftar berhasil lolos dalam tahap seleksi administrasi, pendaftar akan menjadi peserta tes dan harus menyerahkan kelengkapan berkas pendaftaran. Tahap penyerahan berkas ini langsung dilakukan di tempat yang telah ditentukan dalam informasi yang diberikan ketika pengumuman kelolosan tahap seleksi administrasi.

TIPS :

  • Berkas yang perlu dipersiapkan adalah fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir, pas foto, fotokopi KTP, dan kelengkapan lainnya yang telah ditentukan.
  • Pastikan pada saat penyerahan, berkas yang dibawa sudah lengkap dan tidak terlambat sesuai dengan waktu yang ditentukan.

3. Tahap tes potensi akademik dan pengetahuan umum

Image Enlarger

Tahap ini adalah tahap dimulainya tes tertulis dan tahapan yang paling banyak menggugurkan peserta tes CPNS. Tes ini akan dilakukan di beberapa tempat yang tersebar baik di Jakarta maupun kota-kota besar lainnya. Dalam tahap ini, peserta diberikan soal tertulis dengan batasan waktu yang ditentukan oleh panitia bagi setiap bentuk soal.

Misalnya, soal tipe A dikerjakan selama 15 menit, maka peserta harus menutup pengerjaan soal tipe A tersebut dalam waktu yang ditentukan. Jika belum selesai, tidak bisa melanjutkannya karena harus langsung menyelesaikan soal tipe selanjutnya. Kecepatan berpikir dan ketepatan menjawab diperlukan dalam tahap ini. Oleh karena itu, persiapan dan latihan akan sangat bermanfaat untuk dapat menyelesaikan tahap ini dengan hasil yang baik.

Tips :

  • Banyak-banyak berlatih soal ujian terutama soal hitungan karena akan banyak keluar di ujian
  • Tidak ada sistem minus. Kerjakan semua soal bila memungkinkan

4. Tahap psikotes

Image Enlarger

Tahap ini adalah tahapan lanjutan dari tes tertulis bagi peserta tes CPNS Depkeu. Setelah banyak peserta gugur dalam Tes Potensi Akademik (TPA), jumlah peserta tentu semakin berkurang dan persaingan semakin terukur. Psikotes dilakukan untuk mengetahui kualitas dan kondisi psikologis peserta. Peserta yang tidak lolos dalam tes ini bukan berarti memiliki kualitas dan kondisi psikologi yang buruk. Hanya saja, belum sesuai dengan kondisi psikologi yang dibutuhkan.
TIPS :

  • Usahakan sarapan sebelum test
  • Bagi peserta dari luar kota, usahkan sehari sebelumnya sudah survey lokasi. Jika memungkinkan menginaplah di hotel agar anda bisa istirahat

5. Tahap tes kesehatan & Kebugaran

Image Enlarger

Dalam tahap ini, peserta tes hanya perlu membawa pakaian olahraga dan badan yang sehat. Sebab, mulai dari mata hingga kaki peseta akan dites kualitas kesehatannya. Pastikan juga saat melaksanakan tes lari mengitari lapangan yang ditentukan, berlarilah dengan konsisten. Jika lelah, tetaplah berlari-lari kecil. Usahakan untuk tidak terlihat sedang berjalan.
TIPS :

  • Berlatihlah berlari 10 menit tanpa henti minimal seminggu sebelum test utk menguatkan nafas
  • Berlari membentuk angka 8 sebanyak mungkin dalam 5 menit
  • Bawalah kacamata bagi anda yang minus
  • Buta warna parsial masih bisa diterima, kecuali buta warna total

6. Tahap wawancara

Tahap ini merupakan tahap akhir dari seluruh tahapan tes CPNS Depkeu. Pada tahap ini, peserta akan melakukan wawancara langsung dengan orang-orang yang telah ditunjuk panitia penerimaan. Pastikan kita mampu untuk menceritakan siapa diri kita. Ceritakan sejujurnya, pengalaman keberhasilan yang pernah kita peroleh dan kegagalan yang pernah menimpa kita. Jawablah pertanyaan langsung pada intinya, jangan bertele-tele.

TIPS :

  • Anda akan ditanya pengalaman pekerjaan sebelumnya atau pengalaman organisasi
  • Anda akan ditanya apa masalah terbesar di pekerjaan yg pernah anda hadapi
  • Anda akan ditanya bagaimana menyelesaikan masalah tersebut

Kami doakan Semoga para pembaca sukses melalui Tes dan bisa diangkat menjadi CPNS di lingkungan Kementerian Keuangan. Smile

07/03/17
3:24 pm
Avatar
abarua6
Member
Members
Forum Posts: 3
Member Since:
07/03/17
sp_UserOfflineSmall Offline

Tipsnya bagus banget nih mas admin. Tahun 2014 lalu, saya pernah gagal untuk masuk seleksi tes CPNS, karena kualiikasi umurnya lebih muda 1 tahun. Padahal saat itu, saya sudah beli paket soal CAT dan latihan serius.

 

Dan ternyata, tuhan mentakdirkan saya untuk berwirausaha bersama teman saya dibidang penjualan atap pvc, atap upvc dan peralatan bahan bangunan lainnya di Jakarta.

28/08/17
3:02 pm
Avatar
admin
Admin
Forum Posts: 150
Member Since:
06/03/13
sp_UserOfflineSmall Offline

abarua6 said
Tipsnya bagus banget nih mas admin. Tahun 2014 lalu, saya pernah gagal untuk masuk seleksi tes CPNS, karena kualiikasi umurnya lebih muda 1 tahun. Padahal saat itu, saya sudah beli paket soal CAT dan latihan serius.

 

Dan ternyata, tuhan mentakdirkan saya untuk berwirausaha bersama teman saya dibidang penjualan atap pvc, atap upvc dan peralatan bahan bangunan lainnya di Jakarta.  

Mungkin bisa dishare bagi sanak saudara maupun kolega anda.

Semoga usaha anda makin diberi kelancaran dan kemajuan.Wink

Forum Timezone: UTC 9

Most Users Ever Online: 66

Currently Online:
6 Guest(s)

Currently Browsing this Page:
1 Guest(s)

Top Posters:

Mutia: 12

gatot: 4

Asara90: 4

tonih123: 3

abarua6: 3

miftah09: 3

Junaedy: 2

marsam: 1

lutfi: 1

ketahanan pangan: 1

Member Stats:

Guest Posters: 0

Members: 115

Moderators: 0

Admins: 1

Forum Stats:

Groups: 1

Forums: 8

Topics: 113

Posts: 174

Newest Members:

RobertDierm, Brianpsymn, TimmyDox, BillieDaymn, tonih123, RobertjeF, andi satria, andi dadank, BolshoyPuTinAlex, LavetaLib

Administrators: admin: 150