Avatar

Please consider registering
guest

sp_LogInOut Log In sp_Registration Register

Register | Lost password?
Advanced Search

— Forum Scope —




— Match —





— Forum Options —





Minimum search word length is 3 characters - maximum search word length is 84 characters

sp_Feed Topic RSS sp_TopicIcon
Solusi Lupa Password atau Email pada Aplikasi DJP Online / E-Filing
14/06/16
3:52 pm
Avatar
admin
Admin
Forum Posts: 153
Member Since:
06/03/13
sp_UserOfflineSmall Offline
[Image Can Not Be Found]

Dengan banyaknya aplikasi online atau situs-situs yang membutuhkan akun di dalamnya, kita sering lupa apa username, password dan email yang kita gunakan untuk membuat sebuah akun. Kadang cukup menjengkelkan apabila kita lupa password pada saat kita membutuhkan akun tersebut untuk mengerjakan/mengirim sesuatu. DJP Online adalah sebuah web yang merupakan hasil integrasi layanan yang ada di Direktorat Jenderal Pajak seperti pendaftaran NPWP,pelaporan SPT, faktur pajak, pembayaran pajak dan monitoring layanan yang ada di Direktorat Jenderal Pajak. Jadi nantinya untuk menikmati layanan dari DJP, cukup masuk ke website DJP Online di https://djponline.pajak.go.id . Untuk DJP Online sendiri, ada fitur yang dapat digunakan apabila anda mengalami lupa password, atau bahkan lupa email yang dulu digunakan untuk mendaftar. Contoh kasus dalam lupa password/email adalah sebagai berikut.

  1. Lupa password tapi ingat email yang digunakan untuk mendaftar.

Syarat lupa password/email adalah anda harus mempunyai nomor efin (Electronic Filing Identification Number). Nomor efin dapat dilihat/dicetak ulang melalui Kantor Pelayanan Pajak terdekat. Setelah mengetahui berapa nomor efin anda, silahkan masuk ke https://djponline.pajak.go.id, pilih layanan yang akan digunakan, kemudian akan muncul halaman login, di bawah form login ada tulisan “Lupa dengan password anda? reset disini”, klik link tersebut kemudian akan muncul halaman menu lupa password. Kemudian masukkan nomor NPWP dan efin anda, masukan kode keamanan dan jika sudah, klik submit,dan password baru akan dikirimkan ke email anda.

  1. Lupa password dan lupa email yang digunakan

Seperti halnya lupa password, untuk lupa emailpun anda harus mempunyai nomor efin. Caranya hampir sama dengan lupa password, ketika ada di halaman login DJP Online, di bagian bawah form login ada tulisan “Anda ingin mengubah email? ubah disini”. Klik dan akan muncul halaman menu ubah email, masukkan NPWP, nomor efin di field yang sudah tersedia, kemudian klik “cek data”, tunggu sampai muncul identitas dari NPWP yang sudah dimasukkan. Jika data sudah muncul, klik pada field yang terdapat gambar amplop, kemudian masukkan alamat email baru yang akan digunakan. Jika sudah selesai, masukan kode keamanan dan klik “simpan perubahan”.  Dan jika anda ingin mengubah password, maka lakukan langkah nomor 1.

  1. Sudah registrasi dan aktivasi, lupa password dan email, ketika akan ubah email ada notifikasi “NPWP belum terdaftar”?

Kadang ada kejadian, ketika anda lupa password dan email, ketika akan mengubah email, keluar notifikasi “NPWP belum terdaftar”. Notifikasi tersebut muncul dapat dikarenakan beberapa hal, bisa karena pendaftaran akun DJP Online belum diaktivasi atau bisa juga karena gangguan system. Jika akun memang belum diaktivasi, silahkan diaktivasi terlebih dahulu. Tapi bagaimana jika akun sudah diaktivasi tapi tetap keluar notifikasi “NPWP belum terdaftar” ? padahal ketika kita akan buat ulang akun dengan NPWP tersebut muncul notifikasi “NPWP sudah terdaftar”?. Solusinya adalah, lakukan reset password (langkah 1), kemudian ubah email (langkah 2) dan yang terakhir adalah reset password lagi (langkah 1).

Forum Timezone: UTC 9

Most Users Ever Online: 66

Currently Online:
1 Guest(s)

Currently Browsing this Page:
1 Guest(s)

Top Posters:

Mutia: 12

gatot: 4

Asara90: 4

miftah09: 3

tonih123: 3

abarua6: 3

Junaedy: 2

ketahanan pangan: 1

elynurhayatie: 1

bhumy: 1

Member Stats:

Guest Posters: 0

Members: 153

Moderators: 0

Admins: 1

Forum Stats:

Groups: 1

Forums: 8

Topics: 116

Posts: 177

Newest Members:

TotsDittilk, Albertfract, fairjek, Jaredsow, Horacioimica, prom-electric.ru, NikolayPD, vdlptlkvkgroup, ViktorOI, mshashckina

Administrators: admin: 153