Kemenkeu Luncurkan Buku Pokok-Pokok Proses Penyusunan Anggaran Belanja K/L

Jakarta, 18/03/2015 Kemenkeu – Direktorat Jenderal Anggaran (DJA) Kementerian Keuangan meluncurkan buku “Pokok-Pokok Proses Penyusunan Anggaran Belanja Kementerian Negara/Lembaga”. Buku ini sebagai cermin tata kelola keuangan negara, khususnya anggaran belanja Kementerian/Lembaga (K/L) yang berkembang sangat dinamis.

Dalam sambutannya yang dilansir Rabu (18/03), Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro menjelaskan bahwa buku ini adalah salah satu upaya penting untuk mewujudkan transparansi dalam penyelenggaraan pengelolaan keuangan negara. Penerbitan buku ini menjadi batu pijakan awal untuk memahami pengelolaan belanja negara, serta dapat melengkapi referensi-referensi yang telah disusun sebelumnya.

Beberapa hal yang dibahas dalam buku ini adalah pengelolaan isu-isu strategis nasional yang berkembang menjadi kebijakan dan proyeksi APBN, penyusunan anggaran di K/L, pembahasan internal pemerintahan yang melibatkan Kementerian Keuangan, Bappenas, dan K/L, serta pembahasan / penetapan alokasi antara pemerintah dan DPR. DJA menghadirkan buku ini sebagai cermin tata kelola keuangan negara, khususnya anggaran belanja K/L yang berkembang sangat dinamis.

Kemenkeu juga menegaskan perannya sebagai Chief Financial Officer (CFO) guna mewujudkan pengalokasian anggaran yang efektif dan efisien. Efektif, berarti mampu menganalisis program yang akan dilaksanakan K/L sejalan dengan visi-misi Presiden. Efisien, berarti mampu mendukung kebutuhan anggaran belanja K/L sesuai dengan skala prioritas pembangunan nasional semaksimal mungkin dengan kemampuan keuangan negara yang ada. (as)