Penyusunan Buku/modul Juknis Penggunaan Menu Transaksi Aplikasi Persediaan dan SIMAK-BMN merupakan sinergi antara Ditjen Perbendaharaan dengan Ditjen Kekayaan Negara, Kementerian Keuangan dalam rangka penyusunan Laporan Keuangan dan Laporan Barang Milik Negara berbasis akrual yang lebih baik dan berkualitas.

Buku/modul juknis penggunaan menu disusun berdasarkan Aplikasi Persediaan dan SIMAK-BMN versi 15.1.4, berisi petunjuk penggunaan menu-menu transaksi dalam kedua Aplikasi tersebut. Sejak menggunakan basis akrual pada tahun 2015, tiap-tiap menu transaksi akan menghasilkan jurnal masing-masing, sehingga apabila salah memilih menu transaksi akan mengakibatkan kesalahan dalam Laporan Keuangan. Buku/modul juknis penggunaan menu akan terus-menerus dilakukan update seiring dengan perkembangan update Aplikasi Persediaan dan SIMAK-BMN. Update aplikasi dalam jangka waktu dekat adalah terkait transaksi amortisasi Aset Tak Berwujud, normalisasi data dan koreksi penyusutan.

Buku ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu juknis penggunaan menu transaksi Aplikasi Persediaan dan juknis penggunaan menu Aplikasi SIMAK. Sistematika penyajian dalam buku berdasarkan urutan menu-menu pada masing-masing aplikasi. Kami sadari bahwa sistematika penyajian demikian dapat mengakibatkan kurang dipahaminya alur dan hubungan antar menu transaksi. Sebagai contoh menu ‘reklasifikasi keluar’ yang sangat berhubungan erat dengan ‘reklasifikasi masuk’, juga menu ‘transfer keluar’ yang berhubungan erat dengan ‘transfer masuk’. Khusus transaksi Konstruksi Dalam Pengerjaan (KDP), disajikan sesuai alur KDP, mulai dari ‘perolehan KDP’, ‘pengembangan KDP’ hingga ‘penyelesaian KDP’. Pada juknis ini Tim Pengembang berusaha menyampaikan hubungan-hubungan tersebut di era pelaporan berbasis akrual. Juknis penggunaan menu ini menyajikan ilustrasi dan jurnal-jurnal yang terbentuk dari penggunaan masing-masing menu agar pembaca dapat menelusuri pengaruhnya pada Laporan Keuangan. Kedepannya, Juknis penggunaan menu ini akan dilengkapi dengan pengaruh menu-menu tersebut pada Laporan Keuangan, serta bagaimana perhitungan-perhitungan yang dilakukan oleh Aplikasi, antara lain perhitungan beban persediaan, penyesuaian nilai persediaan akumulasi penyusutan dan beban penyusutan.

Dengan membaca buku/modul ini, diharapkan pembaca dapat memahami alur dan perekaman persediaan sehingga masalah persediaan yang belum diregister bisa anda atasi secara mandiri. Selamat membaca