Soft launching SPAN

Sesi foto bersama setelah pemotongan tumpeng Soft Launching SPAN

Jakarta, 19/08/2013 – Bertempat di di Gedung Prijadi Praptosuhardjo II, Jakarta, pada Hari Senin (19/8) Kantor Pusat Direktorat Jenderal Perbendaharaan melaksanakan soft launching SPAN (Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara) sebagai bagian dari proyek Kementerian Keuangan. Dihadiri oleh berbagai pihak mulai dari Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan; Staf Ahli Bidang Organisasi, Birokrasi, dan Teknologi Informasi, Staf Ahli Bidang Makro Ekonomi dan Keuangan Internasional; Staf Khusus Bidang Teknologi Informasi Dirjen Perbendaharaan, Perwakilan dari Bank Dunia, Bank Indonesia serta perbankan nasional.

SPAN kini memasuki tahap awal implementasi, yaitu tahap awal induksi dengan proses uji coba (piloting process) setelah menjalani masa pengembangan selama lebih dari empat tahun. Piloting process SPAN tersebut akan melibatkan unit Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Jakarta II, KPPN Jakarta VI, Unit Eselon I di lingkungan Kementerian Keuangan yang mengelola Data Base Administrator (DBA), serta Kantor Pusat Direktorat Jenderal Perbendaharaan dan Direktorat Jenderal Anggaran.

untuk memastikan perubahan sistem dapat berjalan dengan lancar, pelatihan bagi users dan simulasi , Sebelumnya akan dilakukan. “Sejak awal pengembangannya, SPAN dimaksudkan untuk menjadi alat utama dalam kebijakan fiskal, sehingga kita dapat mengantisipasi berbagai tantangan perekonomian bangsa ke depan, baik nasional, regional bahkan global,” jelas Sekretaris Jenderal K.A. Badaruddin dalam keynote speech-nya.

Hal penting lainnya yang diharapkan dari SPAN adalah peningkatan sinergi antara kebijakan fiskal dengan kebijakan moneter melalui peningkatan koneksitas pengelolaan APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara ) dengan perbankan. Dengan dukungan dari sektor perbankan tersebut, pihaknya meyakini akan menjadi stimulus yang baik dan efektif untuk menggerakkan perekonomian.

 

Tags: