Hubungan SPAN dan SAKTIBagaimanakah hubungan antara SAKTI dengan SPAN?

Pertanyaan itu mungkin muncul ketika berbicara mengenai SAKTI dan SPAN. Pembangunan SAKTI memiliki pola hubungan yang saling terkait dengan SPAN. Jika merujuk pada pola hubungan antar aplikasi yang saat ini digunakan, keterkaitan SAKTI dengan SPAN mirip dengan hubungan aplikasi SPM di satker dengan aplikasi SP2D di KPPN. Beberapa data yang dihasilkan SAKTI akan menjadi acuan proses pada SPAN. Demikian sebaliknya beberapa data yang dihasilkan SPAN akanmenjadi acuan proses pada SAKTI.

Sebagai contoh, dalam system pembayaran SAKTI akan mengeluarkan data invoice yang akan digunakan SPAN sebagai acuan untuk menerbitkan SP2D. Sedangkan untuk manajemen komitmen, SPAN akan mengeluarkan nomor registrasi supplier yang akan digunakan sebagai acuan data suplie pada SAKTI. Walaupun saling terkait, satker tidak dapat mengakses SPAN secara langsung, melainkan harus melalui jembatan penghubung.

Jembatan penghubung disediakan dengan menggunakan beberapa metode, baik dengan menggunakan ADK seperti yang telah dilaksanakan selama ini, dengan dikirim oleh kurir maupun ekspedisi, atau melalui jaringan internat. Selain itu, untuk memperlancar koneksitas SAKTI dengan SPAN, disediakan aplikasi-aplikasi pendukung yang bertujuan memudahkan satker dalam mengirimkan, menerima, dan memonitor data transaksi keuangan. Beberapa aplikasi pendukung yang dibutuhkan antaraaa lain : Portal SPAN dan SPAN-SMS Service.

Pertanyaan yang selanjutnya muncul adalah bagaimana cara kerja Portal SPAN dan SPAN-SMS Service?

Koneksitas SAKTI dan SPANPortal SPAN adalah aplikasi berbasis web. Aplikasi ini nantinya akan digunakan oleh satker untuk mengirimkan ADK ke SPAN dan menerima ADK dari SPAN melalui media internet. Melengkapi fungsi yang disediakan portal SPAN, SPAN-SMS Service juga dapat digunakan satker ketika ingin memonitor data keuangannya via telepon seluler.

Kemudahan yang ditawarkan oleh SAKTI dalam berkoneksi dengan SPAN bersifat optional. Artinya, satker yang berada di daerah terpencil tidak perlu kuatir jika selama ini memiliki hambatan dalam berkomunikasi dengan media internet. Kesempatan interaksi dengan KPPN seperti yang selama ini dilakukan tetap terbuka. Tentunya ketika infrastruktur satker sudah memungkinkan, pengunaan media internet tetap akan jauh lebih mudah dan murah.