Roll Out SPAN

Peresmian Roll Out SPAN KPPN Ternate secara simbolis dengan pemukulan gong oleh Wakil Walikota Ternate, Arifin Djafar

Bertempat di Ruang Tunggu KPPN Ternate Senin, 02 Pebruari 2015 Walikota Ternate yang diwakili oleh Wakil Walikota  Arfin Djafar meresmikan Roll Out  Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (SPAN) di KPPN Ternate . Sejak saat itu pula terjadi perubahan besar dalam sistem pengelolaan penerimaan dan penyaluran dana APBN di KPPN Ternate. Acara tersebut dihadiri pula Sulaimansyah Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Malut, Pimpinan Bank Mitra Kerja dan beberapa Kepala Satuan Kerja baik vertikal maupun SKPD.

Mengawali acara Kepala KPPN Ternate Saor Silitonga menyampaikan terima kasih atas segala partisipasi semua pihak sehingga persiapan sampai dengan pelaksanaan Roll – Out SPAN di KPPN Ternate dapat berjalan sesuai harapan serta permohonan maaf jikalau dalam proses awal penerapan SPAN berjalan, menimbulkan ketidaknyamanan satuan kerja.

SPAN  adalah sistem pengelolaan keuangan negara yang terintegrasi dan berbasis teknologi informasi. SPAN diimplementasikan oleh Ditjen Anggaran dan Ditjen Perbendaharaan bersama dengan 5 Kementerian Piloting yang akan diperluas ke semua kementerian pada tahap selanjutnya. Proses-proses yang sifatnya pengulangan yang selama ini dijalankan secara manual akan diotomatisasi oleh SPAN dengan penggunaan database tunggal. Perekaman data hanya sekali, dan pembakuan business rules untuk semua proses serta analisis

Sebagai bendahara umum negara di daerah, KPPN Ternate bertugas mengelola penerimaan dan pengeluaran APBN di wilayah kerjanya. Melalui sistem ini, penerimaan bukan pajak yang dikelola oleh KPPN melalui bank persepsi dapat dikelola lebih optimal. Bila dahulu bendahara satuan kerja yang menyetor PNBP harus pergi ke bank persepsi pada jam buka loket, maka sekarang dapat dilakukan kapan saja.

Begitu pula dengan penyaluran APBN kepada satuan kerja, semula KPPN harus menerbitkan biro gilyet berupa Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) atas tagihan Surat Perintah Membayar (SPM) yang diajukan satuan kerja. Fisik dokumen SP2D itu kemudian dikirimkan via kurir kepada bank-bank operasional yang ditunjuk sebagai perintah transfer dana. Melalui SPAN, KPPN tidak perlu menerbitkan SP2D lagi semuanya terpusat pada Kantor Pusat masing-masing bank operasional di Jakarta.

foto bersama Roll out SPAN

Foto bersama Kepala KPPN dan Kakanwil DJPB bersama jajaran pimpinan instansi & Bank di Kota Ternate

Dalam sambutannya Walikota Ternate menyampaikan bahwa pemerindah daerah mendukung apa yang telah menjadi program strategis jajaran Kementerian Keuangan. Dengan SPAN, sinergi antara kebijakan fiskal dengan kebijakan moneter semakin meningkat, hal tersebut dapat dilakukan melalui peningkatan koneksitas pengelolaan APBN dengan instansi vertikal, SKPD dan perbankan. SPAN dapat menjadi stimulus yang cukup efektif untuk menggerakkan perekonomian di Kota Ternate dan seluruh kabupaten/kota di Provinsi Maluku Utara.

Walikota juga berharap ketika proses SPAN berjalan akan dibarengi dengan kesiapan para pegawai KPPN dan para pengelola keuangan satuan kerja untuk mendukung sepenuhnya dan mengimplementasikan serta dapat ambil bagian dalam membawa perubahan yang positif dalam pengelolaan keuangan negara.

Roll – Out SPAN KPPN Ternate ditandai dengan pemukulan Gong oleh Wakil Walikota  Arfin Djafar. Usai launching langsung dilaksanakan demo penggunaan SPAN yang disaksikan seluruh hadirin. Satuan kerja pertama yang mendapat kehormatan menyampaikan SPM tagihan adalah Kantor Bandara Udara Babullah Ternate. Pada kesempatan pertama menggunakan SPAN tiga tagihan SPM dapat selesai diproses dengan SPAN dengan durasi waktu sekitar 18 menit.

 

Tags: , ,