Jakarta, 14/09/2015 Kemenkeu – Presiden Joko Widodo telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 20 Tahun 2015 tentang Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), atau disebut dengan TEPRA pada 7 September 2015.

Penetapan Keppres tersebut dilakukan dalam rangka pengawasan atas realisasi APBN dan APBD setiap tahun anggaran berjalan, serta evaluasi terhadap pelaksanaan program pemerintah yang telah ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) dan Rencana Kerja Pemerintah (RKP).

Menurut Keppres tersebut, TEPRA memiliki lima tugas utama. Pertama, menerima, memonitor, mengevaluasi, dan mengkonsolidasikan laporan realisasi anggaran dan program Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Kedua, memfasilitasi penyelesaian atas hambatan-hambatan yang terjadi dalam realisasi anggaran serta program Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Ketiga, melaporkan secara berkala pada minggu kedua setiap bulannya kepada Presiden tentang realisasi anggaran dan program Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Keempat, membangun sistem pelaporan berbasis teknologi informasi yang sederhana, mudah diakses, andal dan tepat waktu. Terakhir, mendorong pembentukan tim evaluasi dan pengawasan realisasi APBD di setiap Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota.

Susunan keanggotaan TEPRA sendiri terdiri atas Tim Pengarah dan Tim Pelaksana. Keanggotaan Tim Pengarah yakni Menteri Keuangan sebagai Ketua; Sekretaris Kabinet sebagai Wakil Ketua; serta Menteri Dalam Negeri, Menteri PPN/Kepala Bappenas, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN, Jaksa Agung, dan Kepala Staf Presiden masing-masing sebagai anggotanya.

Sementara itu, keanggotaan Tim Pelaksana yakni Wakil Menteri Keuangan sebagai Ketua; Kepala Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) sebagai Wakil Ketua I; Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah sebagai Wakil Ketua II; Deputi I Kantor Staf Presiden sebagai Sekretaris; dan Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Pengeluaran Negara sebagai Wakil Sekretaris.

 

Tags: ,