Pemilihan Gubernur Maluku Utara 2013-2018 Berlangsung Damai dan Tertib.

surat suaraSebanyak 818.810 warga Provinsi Maluku Utara (Malut), hari ini, Senin 1 Juli 2013 mengunakan hak pilihnya untuk menentukan masa depan Malut, pada lima tahun kedepan, dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur periode 2013-2018.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Malut menyatakan, pihaknya telah 100 persen siap menggelar Pemilihan Gubernur (Pilgub). Pemilihan Gubernur Malut kali ini di ikuti oleh para pemilih dari sembilan Kabupaten/Kota di Malut. Warga akan menggunakan hak pilihnya di 2.184 Tempat Pengumutan Suara (TPS). Ribuan TPS ini tersebar di sembilan Kabupaten/Kota terdiri dari 114 Kecamatan, 1087 Desa. KPU  Malut mengaku seluruh logistik sudah disebar ke seluruh Kabupaten/Kota. “Hingga hari ini KPU Malut belum menerima laporan daerah atau wilayah di Malut yang belum menerima logistik Pilgub. Logistik pilgub Malut semua sudah didistribusikan,” kata Ketua KPU Malut Muliyadi Tutupoho di Ternate, Minggu (30/06/2013).

Maskot Pilgub Malut 2013

Maskot Pilgub Malut 2013

Sementara, Kapolda Malut Brigjen Pol Machfud Arifin mengaku telah menyiapkan seluruh jajarannya untuk mengamankan pesta demokrasi lima tahunan ini.  Machfud menambahkan, pihaknya telah mengerahkan 7.556 personil dari unsur Polri dan TNI untuk pengamanan pilgub. Selain itu, pihaknya juga mendapat bantuan 491 personil Brimob dari Mabes Polri.

“Personel pengamanan sudah di sebarkan di sembilan kabupaten/kota, yang masing-masing TPS akan dikawal satu anggota Polri,” ujarnya. Lebih lanjut, Machfud berharap pendukung cagub tidak mudah terprovokasi untuk melakukan hal-hal yang bisa mengganggu Pemilihan Gubernur. Dia juga meminta seluruh pasangan cagub dan cawagub, termasuk tim sukses serta para pendukungnya yang menjaga ketertiban.

Deklarasi damai Pemilihan Gubernur

Deklarasi Damai Cagub dan Muspida Malut

Pemilihan Gubernur Malut diikuti oleh enam pasangan cagub dan cawagub yakni pasangan Namto Hui Roba-Ismail Arifin, Muhadjir Albaar-Sahrin Hamid, Ahmad Hidayat Mus-Hasan Doa, Syamsir Andili-Benny Laos, Gani Kasuba-Natsir Thaib, dan Hein Namotemo berpasangan dengan Malik Ibrahim.

 

Tags: ,