Hubungi Kami:0921-3121655
 
nilai-nilai kementerian keuangan
 
e-billing
 
APBN_2016
 
 

Customer Service

 

Testimonial

  • suhardihusin“Terimakasih KPPN Ternate atas pelayanannya selama ini yang sangat memuaskan dan saya mendapat pengalaman yang sangat berharga sebagai operator SPM/Silabi/SAKPA.”

    KPPN Ternate Jaya Terus !!!

    Suhardin Husin, Staff Polres Halteng
     
 
 

Peluncuran SPAN dan Pencanangan Tahun Pembinaan Wajib Pajak 2015

 

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan bahwa implementasi Sistem Perbendaharaan Anggaran Negara (SPAN) akan memudahkan pengguna anggaran, khususnya menteri dan kepala lembaga. SPAN diluncurkan hari ini, Rabu (29/04) di Istana Negara.

Menteri Keuangan Bambang P.S Brodjonegoro mengatakan tujuan utama dari SPAN meningkatkan efisiensi efektifitas akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan anggaran dan keuangan negara.

SPAN juga diharapkan dapat memberikan informasi yang komprehensif dan tepat waktu mengenai posisi keuangan pemerintah pusat sehingga memudahkan pengambilan keputusan manajemen keuangan pemerintah.

Kemenkeu menyiapkan tools bagi menteri dan ketua lembaga untuk memonitor pelaksanaan anggaran di masing-masing kementerian negara atau lembaga melalui online monitoring span yang berbasis web dan mobile device sehingga para menteri dan ketua lembaga dapat memantau pelaksanaan anggaran pada lingkup kerja masing masing secara real time.

“Ini sudah dimulai dan kita harapkan seluruh KL (kementerian/lembaga) betul-betul ikut memonitor setiap pergerakan anggaran dan ruang di KL masing-masing dan jangan sampai satu rupiah pun lolos, “kata Jokowi.

Jokowi menambahkan sistem ini akan diterapkan oleh pemerintah pusat dan diikuti oleh pemerintah daerah Provinsi, Kabupaten/Kota. Jika sudah terealisasi pusat hingga daerah bisa dimonitor dana transfer di masing-masing daerah.

“Inilah pembangunan sistem yang terus akan kita lakukan, sehingga governance kita akan lebih baik. Karena persepsi orang, persepsi investasi, persepsi negara lain itu akan baik, akan mucul lebih baik kalau sistem-sistem yang ada ini kita perbaiki,” ungkapnya.

“SPAN adalah cash management system yang akan mulai kita terapkan. Dengan ini nantinya checking, controlling itu akan lebih mudah, karena setiap saat real time. Kita bisa pantau berapa (uang) yang masuk, berapa yang keluar, digunakan untuk apa. Artinya semua termonitor,” ungkap Presiden dalam sambutannya pada acara peluncuran SPAN dan pencanangan Tahun Pembinaan Wajib Pajak 2015.

 

Poster Peluncuran SPAN

 

 

Tags: , ,

 

Share This Page

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *