Pada tahap perencanaan, modul yang terlibat dalam SPAN adalah Modul Penyusunan Anggaran (Budget Preparation). Modul ini merupakan awal/hulu dari semua modul dalam SPAN. Strukturnya sendiri terbagi ke dalam empat sub-modul, yaitu:

Sub Modul Aplikasi Penyusunan APBN (P-APBN)

Sub Modul Aplikasi P-APBN merupakan aplikasi yang digunakan oleh Direktorat Penyusunan APBN DJA untuk melakukan simulasi, reporting, dan analisis terkait asumsi ekonomi makro, target pendapatan, target belanja KL (termasuk realisasinya), transfer ke daerah, pengeluaran BUN, pembiayaan, dan postur APBN.

Sub Modul Aplikasi PNBP

Sub Modul Aplikasi PNBP merupakan aplikasi yang digunakan oleh Direktorat PNBP DJA untuk menginput data subsidi dan menghimpun/melakukan reporting data PNBP (migas, panas bumi, hilir migas, PNBP-KL, dan laba BUMN).

Sub Modul Aplikasi Budget Flow (BFLOW)

Sub Modul Aplikasi BFLOW merupakan aplikasi untuk menghimpun data Kerangka Pengeluaran Jangka Menengah (KPJM), new initiative, budget review/simulation, monitroring SBK, pemblokiran dana, penelaahan online, approval process, pencetakan himpunan RKAKL, pencetakan SP-RKAKL atau DIPA, persetujuan revisi, audit trail, dan pelaporan. Sub modul aplikasi ini digunakan oleh Direktorat Anggaran I, Anggaran II, Anggaran III. Unit Eselon 1 pada Kementerian/Lembaga juga menggunakan aplikasi ini sesuai dengan kewenangannya.

Sub Modul Aplikasi Monev

Sub Modul Aplikasi Monev merupakan aplikasi untuk monitoring realisasi anggaran dan kinerja/output kegiatan, serta konsistensi perencanaan dan implementasinya. Selain oleh Direktorat Sistem Penganggaran, aplikasi ini digunakan oleh Direktorat Anggaran I, Anggaran II, Anggaran III, dan Unit Eselon 1 K/L sesuai dengan kewenangannya. Dalam aplikasi ini mengimplementasikan rekomendasi reward and punishment.

 

Tags: