Pidato Menkeu dalam Seminar Middle income Trap Bali, Kamis (12/12)

Pidato Menkeu dalam Seminar Middle income Trap Bali, Kamis (12/12)

Denpasar, 12/12/2013 MoF (Fiscal) News – Menteri Keuangan (Menkeu) M. Chatib Basri menilai, Indonesia memiliki potensi besar untuk naik kelas ke kelompok negara berpendapatan tinggi. Hal ini ia sampaikan dalam Seminar Internasional mengenai Middle Income Trap pada Kamis (12/12) di Bali.

Pernyataan Menkeu tersebut didasarkan pada beberapa faktor, seperti potensi ekonomi Indonesia yang sangat besar, baik berupa kekayaan alam maupun jumlah penduduk yang mencapai 250 juta orang. Bahkan, secara demografi, struktur penduduk  Indonesia didominasi oleh kelompok produktif yang menguntungkan bagi perekonomian nasional. “Selain itu, kinerja ekonomi makro kita cukup baik,” jelasnya.

Namun demikian, Menkeu menilai tidak mudah melakukan lompatan dari kelompok kelas menengah ke kelompok berpenghasilan tinggi. Indonesia akan menghadapi beberapa tantangan untuk dapat naik kelas menjadi negara berpenghasilan tinggi. Secara eksternal, Indonesia dihadapkan pada ketidakpastian global dan tingginya volatilitas harga minyak. Sementara, dari sisi domestik, Indonesia harus menghadapi perlambatan produktivitas ekonomi, tren penurunan produksi minyak, masih tingginya angka kemiskinan dan pengangguran serta adanya peningkatan inequality.

Untuk menjawab tantangan tersebut, Indonesia perlu menerapkan beberapa strategi, antara lain mewujudkan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan sekaligus inklusif. Pertumbuhan yang berkelanjutan (sustainable) perlu didukung dengan peningkatan produktivitas yang ditunjang oleh peningkatan kualitas sumber daya manusia, pengelolaan sumber daya alam yang baik untuk penciptaan nilai tambah tinggi di dalam negeri serta pengembangan teknologi dan inovasi, dengan tetap menjaga stabilitas ekonomi. Sementara itu, pertumbuhan yang inklusif diarahkan agar kemajuan ekonomi dapat juga dinikmati oleh kelompok masyarakat berpendapatan rendah, sehingga mampu mengatasi persoalan ketimpangan pendapatan.(wa)

Sumber

 

Tags: