pembukaan legu gam 2015

Staf Ahli Bidang Perlindungan Keanekaragaman Kreatif Menteri Kebudayaan dan Pariwisata RI, Hari Untoro Drajat,membuka secara resmi Festival Legu Gam 2015 di Ternate, Sabtu (11/4).

Festival Legu Gam 2015 sebagai salah satu event pariwisata nasional berupa pesta rakyat Maluku Utara (Malut) dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Bidang Perlindungan Keanekaragaman Kreatif Menteri Kebudayaan dan Pariwisata RI, Hari Untoro Drajat, di Ternate, Sabtu (11/4). Acara dihadiri Sultan Tidore, Bacan dan Jailolo dan Gubernur Abdul Gani Kasuba.

Seremonial acara pembukaan tidak jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, tapi kali ini ada penampilan tarian kolosal dan teaterikal untuk mengenang Sultan Ternate. Rangkaian acara Legu Gam di tahun 2015 sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya, sebab pihak keraton kesultanan Ternate masih dalam keadaan berdukaTema sentral yang diusung dalam Legu Gam adalah “Pusaka Ternate Menuju Warisan Dunia, kemudian diturunkan menjadi sub tema yaitu “Cintailah Adat se Atorang Moloku Kie Raha”, namun khusus untuk seremonial pembukaan itu seluruh rangkaian kolosal budayanya itu bertema cinta putih untuk Sultan Ternate. Tema itu dipilih untuk mengenang arwah almarhum mendiang Sultan Ternate Mudaffar Sjah, jadi kalau dulu panitia lebih banyak menampilkan atraksi-atraksi budaya, maka kali ini kita lebih menggiring bagaimana publik bisa juga merasakan bahwa legu gam kali ini Sultan Mudaffar juga masih ada
legugam2015
Selain itu, dalam Legu Gam 2015 akan diadakan pawai Obor Gam Ma Cahaya, Kololi Kie Moto Ngolo “Bahari Berkesan” dan Fere Kie, karnaval budaya “Cintailah Adat Se Atorang”, salai, pemilihan Jujaru Ngongare, panggung budaya, pameran budaya, pariwisata dam komoditi Malut, sunatan missal, zikir dan tabliq akbar serta penutupan legugam.
Sebelum dibuka secara resmi, dilakukan pawai obor keliling kota yang dilepas langsung oleh Wali Kota Ternate Dr H Burhan Abdurahman.
 

Tags: , ,