Kemenkeu meraih Penghargaan E-Government Indonesia (PeGI)

Menteri Kominfo menyerahkan Penghargaan E-Government Indonesia (PeGI)

Kemenkominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) memberikan penghargaan e-Government Indonesia (PeGI) kepada Kementerian Keuangan, sebagai Kementerian/Lembaga (K/L) yang berprestasi karena berhasil menata infrastruktur dan SDM (Sumber Daya Manusia) di bidang teknologi Informasi guna mendukung komunikasi antar pemerintah (G2G), pemerintah dengan dunia usaha (G2B), serta pemerintah dengan publik (G2P).

Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan K.A. Badaruddin mewakili Menteri Keuangan hadir menerima penghargaan tersebut yang diberikan langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informasi Tifatul Sembiring di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin (16/9) dalam rangkaian acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kemenkominfo.

Unsur penilaian mencakup lima dimensi utama penerapan teknologi informasi yaitu :

  • Kebijakan: mencakup regulasi yang dikeluarkan seperti Surat Keputusan, Peraturan dan lain-lain
  • Kelembagaan: mencakup Landasan Hukum Lembaga, Struktur Organisasi, Tupoksi,SOP, Inventaris personil dan keahlian
  • Infrastruktur: mencakup inventaris peralatan teknologi informasi dan sarana pendukung, kajian kondisi, dan pemanfaatan infrastruktur internal atau konsultan, bagan pusat data dan jaringan
  • Aplikasi: mencakup inventaris aplikasi, kajian pengembangan dan penerapan aplikasi, contoh laporan, halaman situs, tampilan layar komputer,rancang bangun aplikasi dan pedoman petunjuk. Pemakaian
  • Perencanaan: mencakup Cetak Biru Pengembangan TIK, Renstra, Kajian kebutuhan dan rencana pengembangan,dokumentasi dari kegiatan perencanaan dan bagan mekanisme perencanaan TIK.

PeGI merupakan inisiatif Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam menilai tingkat kematangan implementasi atau adopsi e-Goverment di institusi pemerintahan yang ada di seluruh wilayah nusantara, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah (kabupaten kota). Ini dilakukan dalam rangka pemetaan penyelenggaraan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di lingkungan instansi pemerintah dan mendorong percepatan Reformasi Birokrasi khususnya, di instansi pemerintah.
Sebelumnya, Kemenkeu menempati peringkat pertama dalam pemeringkatan keamanan informasi (KAMI) tingkat nasional yang juga diselenggarakan oleh Kemenkominfo.Selain itu, Kemenkeu mendapatkan penghargaan dari FutureGov Asia Pasific Awards 2013 untuk kategori Data Center dan Business Process. Prestasi ini merupakan wujud komitmen Kemenkeu dalam memberikan layanan terbaik kepada para stakeholders serta dapat terwujud berkat adanya peningkatan governance dan kualitas layanan TIK yang didukung oleh semua pihak.
Saat ini Kemenkeu sedang melaksanakan integrasi TIK yang mengkonsolidasikan infrastruktur di seluruh TIK unit eselon I dan mengintegrasikan sistem informasi secara bertahap sampai terbangun Integrated Financial Management Information System pada tahun 2015. Peran Teknologi Informasi (TI) dalam mendukung tugas utama Kemenkeu sangatlah strategis sehingga diharapkan kualitas layanan TI dapat mencapai standard nasional dan internasional serta kompetensi Sumber Daya Manusia di bidang TI pun semakin meningkat.

 

 

Tags: ,