Tiap tahunnya Provinsi Maluku Utara diisi dengan agenda resmi pariwisata skala internasional. Setelah Sukses menyelenggarakan Festival Legu Gam di Ternate dan Tidore, kini Pemerintah Provinsi Maluku Utara menggelar Festival Gura Ici 2013 mulai tanggal 26 hingga 28 Juni di Kepulauan Gura Ici, Kecamatan Kayoa, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara. Pada saat yang bersamaan tengah digelar masa Kampanye Calon Gubernur Provinsi Maluku Utara periode 2014-2019.

Drs H Thaib Armaiyn, Gubernur Maluku Utara  menjelaskan, “Kegiatan ini untuk mempromosikan potensi wisata bahari di Kepulauan Gura Ici serta budaya masyarakat Maluku Utara dan Kabupaten Halmahera Selatan kepada wisatawan Nusantara dan mancanegara”.

Kepulauan Gura Ici merupakan gugusan pulau eksotis dengan keindahan pantai dan aktivitas olahraga air-seperti snorkling, diving, jetski, memancing-serta lanskap kepulauan. Pulau Gura Ici menjadi salah satu tempat menyelam terbaik di Maluku Utara. Sedikitnya ada delapan titik menyelam yang menarik di Kepulauan Gura Ici.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Maluku Utara, Nurlaila Armaiyn, dalam festival akan ada atraksi seni dan budaya masyarakat dari seluruh wilayah Maluku Utara, terutama yang menonjolkan seni dan budaya Kesultanan Bacan. Selain itu, akan ditampilkan kesenian dari kabupaten dan kota, seperti musik Yanger dari Halmahera Utara.

Festival Gura Ici menjadi agenda tahunan di Kabupaten Halmahera Selatan. Festival yang diadakan bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini akan dimeriahkan atraksi seni dan budaya, kompetisi musik tradisional Provinsi Maluku Utara, demonstrasi kuliner, lomba masak serba ikan antar-desa, serta demo dan wisata kuliner dengan suguhan makanan khas tradisional. Festival ini juga dimeriahkan oleh artis ibukota sebagai bintang tamu.

Juga ada kegiatan wisata bahari, seperti menyelam, olahraga air, maupun lomba renang antar-pulau. Kegiatan ini diikuti pemancing dan perenang dari seluruh Indonesia, dengan total hadiah sebesar Rp 40 juta. Bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan, akan dilakukan transplantasi dan pencanangan kawasan konservasi terumbu karang di sana dengan penanaman pohon bakau.

Desa Leley menjadi lokasi pelaksanaan acara puncak festival. Desa ini memiliki sejumlah penginapan, fasilitas homestay, perlengkapan menyelam, serta instruktur diving yang akan membawa para pengunjung menjelajahi keindahan bawah laut Gura Ici. Pengunjung bisa melakukan interaksi dengan masyarakat setempat, menyaksikan puluhan manta ray (ikan pari raksasa) yang jinak, dan bermain di permukaan perairan Gura Ici.

Festival Gura Ici

Lokasi Kepulauan Gura Ici

Kepulauan Gura Ici dapat ditempuh dengan menggunakan transportasi laut berjarak kurang-lebih 2,5 hingga 3 jam dari Kota Ternate. Kepulauan ini dikelilingi oleh hamparan pasir putih, pesona flora dan fauna, dan hutan bakau yang subur.

 

 

 

Tags: