Reformasi  birokrasi  secara konsisten dilaksanakan dan dievaluasi. Sejak tahun 2003 Kementerian Keuangan yang menjadi pilot project telah melakukan  Penilaian Mandiri Reformasi Birokrasi (PMPRB) secara online dengan berpedoman pada Permenpan dan RB Nomor 1 tahun 2012 dan Permenpan dan RB Nomor 31 tahun 2012. Hasil dari penilaian tersebut dituangkan dalam S-02567/PB/2013, sebagai apresiasi atas kinerja pelaksanaan reformasi birokrasi. Berikut adalah petikannya.

Itjen Kemenkeu selaku penjamin kualitas  (QA) pelaksanaan reformasi birokrasi lingkup Kemenkeu telah melaksanakan penilaian QA reformasi birokrasi di seluruh unit eselon I lingkup Kemenkeu dengan berpedoman pada Permenpan dan RB Nomor 53 tahun 2011, dan hasil penilaiannya menjadi capaian IKU Kemenkeu-One Tahun 2012 pada tiap unit eselon I, yaitu “Indeks Reformasi Birokrasi” dengan target sebesar 92,00.

Hasil akhir penilaian indeks reformasi birokrasi Ditjen Perbendaharaan adalah sebesar 94,07 yang merupakan peringkat ketiga dari seluruh eselon I lingkup Kemenkeu, namun merupakan peringkat pertama di antara eselon I Kemenkeu yang memiliki unit vertikal.

Selanjutnya, pada tahun 2013 penilaian pelaksanaan reformasi birokrasi dilakukan melalui Penilaian Mandiri Reformasi Birokrasi (PMPRB) secara online dengan berpedoman pada Permenpan dan RB Nomor 1 tahun 2012 dan Permenpan dan RB Nomor 31 tahun 2012. Hasil penilaian PMPRB juga menjadi IKU Kemenkeu-One Tahun 2013 pada tiap unit eselon I, yaitu “Nilai Reformasi Birokrasi” dengan target sebesar 92,00.

Nilai PMPRB Ditjen Perbendaharaan yang dilaporkan secara online pada website Kemenpan dan RB adalah sebesar 95,53 yang menempatkan Ditjen Perbendaharaan pada peringkat kedua lingkup Kemenkeu, namun merupakan peringkat pertama dari seluruh unit eselon I lingkup Kemenkeu yang memiliki unit vertikal.

Berdasarkan progress hasil penilaian QA dan PMPRB tersebut di atas, disampaikan penghargaan dan apresiasi kepada seluruh pejabat/pegawai Ditjen Perbendaharaan atas kontribusinya di dalam kegiatan penilaian dimaksud.

Pencapaian nilai QA dan PMPRB merupakan salah satu indikator keberhasilan pelaksanaan reformasi birokrasi pada Kemenkeu, khususnya Ditjen Perbendaharaan. Untuk itu seluruh pejabat/pegawai lingkup Ditjen Perbendaharaan mendukung rencana aksi pelaksanaan reformasi birokrasi Ditjen Perbendaharaan sebagai berikut:

  1. Meningkatkan dan terus memastikan kualitas pelaksanaan reformasi birokrasi Ditjen Perbendaharaan sesuai dengan acuan, kebijakan, strategi, dan standar reformasi birokrasi nasional yang didukung oleh kepatuhan SOP dan sistem pengendalian internal yang terintegrasi.
  2. Mendukung proses bisnis Ditjen Perbendaharan yang berorientasi pada kepuasan dan kepatuhan pengguna layanan sesuai semangat reformasi birokrasi.

Hasil penilaian yang sangat memuaskan ini tidak terlepas dari kerjasama yang terjalin dengan baik antara KPPN dan stakeholder.