Sebagai bagian dari reformasi di bidang keuangan, sejak tahun 2004 Kementerian Keuangan merencanakan untuk melakukan reformasi sistem informasi, khususnya di bidang perbendaharaan dan penganggaran. Rencana tersebut kemudian dilaksanakan dalam payung Government Financial Management and Revenue Administration Project (GFMRAP) di Kementerian Keuangan. Salah satu unsur utama dalam GFMRAP tersebut adalah proyek Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (SPAN).

SPAN adalah program transformasi berskala besar yang menempatkan Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Direktorat Jenderal Anggaran dan Pusat Sistem Informasi dan Teknologi Keuangan sebagai leading institutions, meliputi pembangunan sistem perbendaharaan dan anggaran negara yang sesuai dengan best practices, serta didukung oleh sistem informasi yang modern, baik yang terkait dengan software maupun hardware. SPANmelibatkan dan menghubungkan sistem informasi perbendaharaan dan anggaran di beberapa eselon I di Kementerian Keuangan, lima kementerian/lembaga di pusat, DPR, seluruh KPPN, dan institusi pemerintah lainnya yang ditetapkan. Pengembangan SPAN berfokus pada penyempurnaan Proses Bisnis, pemanfaatan Teknologi Informasi yang terintegrasi dan Manajemen Perubahan.

SPAN menyempurnakan pengelolaan keuangan negara melalui integrasi sistem manajemen keuangan negara, penerapan akuntansi akrual, penyatuan database pengelolaan keuangan negara, dan kemudahan akses bagi pengguna. SPAN akan meningkatkan efektivitas, efisiensi, akuntabilitas, dan transparansi dalam pengelolaan keuangan negara.

Logo SPAN

Logogram atau elemen gambar terdiri 3 bagian yang masing-masing memiliki warna berbeda. Warna-warna tersebut merepresentasikan 3 komponen transformasi (Proses Bisnis, Teknologi Informasi, serta Manajemen Perubahan dan Komunikasi) dan 3 institusi yang terlibat dalam pengembangan SPAN (Biru – DJPBN, Ungu – DJA, Kuning – Pusintek) yang membentuk segitiga dengan sudut tajam untuk menggambarkan keteguhan dalam mengimplementasi SPAN. Ketiga elemen membentuk propelar yang menunjukkan adanya sinergi dan integrasi antara ketiga institusi untuk mencapai tujuan SPAN yang direpresentasikan dengan bulatan berwarna merah.

Logotype atau elemen tulisan menggambarkan program yang sedang dilaksanakan. Adapun jenis font SPAN dibuat dalam konfigurasi bold (tebal)  dan lowercase (huruf kecil). Konfigurasi bold menunjukan ketegasan serta konsistensi dalam menjalankan sistem yang merupakan bagian dari reformasi di bidang keuangan. Sedangkan konfigurasi lowercase menunjukan kedinamisan dan keramahan.

 

Tags: