Menko Hatta RadjasaMenteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa menyampaikan komitmen Pemerintah untuk melakukan penghematan belanja negara dengan memangkas anggaran perjalanan dinas. Hal tersebut disampaikan di Gedung DPR, Selasa (22/10).

“Dalam rapat koordinasi kemarin, telah diputuskan perjalanan dinas harus menggunakan business class,” ucapnya. Ini untuk menanggapi penggunaan first class pada perjalanan dinas Menteri-Menteri di kabinet. Menurut Hatta, kementerian/lembaga diharapakan dapat memangkas anggaran perjalanan dinas yang tidak perlu, seperti seminar, konferensi luar negeri, maupun studi banding yang tidak perlu dan tidak mendesak.

Anggaran perjalanan dinas dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2014 yaitu Rp32 triliun, adalah terlalu besar Menurut Hatta. Pihaknya menyatakan, untuk terus berupaya memangkas anggaran perjalanan dinas hingga 50 persen dalam RAPBN 2014 . “Perjalanan dinas pangkasnya jangan kurang dari 30 persen. Jangan kurang dari itu. Kalau misalnya bisa, 50 persen lebih bagus,” imbuhnya.

 

Tags: ,