Logo Aplikasi simponiBeberapa pihak datang ke kami karena tidak bisa login ke aplikasi SIMPONI. Pertama, ada yang lupa user password dan lupa email. Kedua, dia merasa tidak pernah mengganti user password, tetapi tidak bisa login. Ketiga, tidak bisa registrasi karena email telah digunakan, padahal menurut dia selama ini belum pernah mendaftar. Itu tentu berdasarkan pengakuan mereka. Saya tidak melakukan konfirmasi atas kebenaran informasi itu. Saya juga tidak tahu mau kroscek kemana.

Biasanya mereka datang ke kami karena pada hari itu harus segera menyelesaikan kewajiban melakukan penyetoran. Ada yang dari SKPD untuk penyetoran potongan IWP dan Taperum, ada perusahaan yang mau menyetor biaya pencadangan wilayah dan ada juga yang mau membayar royalti. Karena terkendala dalam pembuatan kode billing, datanglah mereka meminta bantuan kepada kami.

Untuk solusi kasus kedua, barangkali langkah pertama bisa ditempuh dengan mengecek email. Kalau belum dihapus, di inbox masih tersimpan email registrasi awal. Carilah dengan keyword “registrasi” atau “SIMPONI”. Disitu ada user passwordnya, coba gunakan user password SIMPONI tersebut.

Tetapi yang terjadi pada kami diatas adalah ternyata memang user password awal itu tidak bisa digunakan untuk login. Kami lakukan pengecekan di inbox juga tidak ditemukan email yang berisi perubahan password.

Maka kemudian, solusi atas kasus-kasus diatas adalah lakukan pendaftaran baru atau registrasi kembali dengan menggunakan email baru. Jadi sebelum melakukan pendaftaran ke SIMPONI, siapkan email yang aktif dan belum pernah digunakan untuk melakukan pendaftaran pada SIMPONI. Kalau penyetor dari perusahaan atau instansi dan email perusahaan atau instansi tersebut sudah digunakan, pakai email pribadi si petugas operator SIMPONI. Atau bikin saja email baru. Dan cantumkan email baru itu pada pengisian kolom email pada saat registrasi.

Sebenarnya solusi terbaiknya adalah dengan menghubungi SIMPONI Helpdesk, melalui e-mail: pusatlayanan.dja@kemenkeu.go.id atau telepon langsung ke: (021) 34357012 / (021) 34357014. Namun jika Anda merasa terburu-buru atau jawaban Helpdesk tidak seperti yang Anda harapkan, ya silakan gunakan solusi diatas: lakukan pendaftaran baru.

 

Tags: , , ,