TAMBAHAN PETUNJUK MANUAL PEMBAYARAN PPNPN AKHIR TAHUN PADA APLIKASI SAS

  1. Pendahuluan

Perubahan yang terjadi pada update aplikasi SAS terkait PPNPN sebagai berikut:

  1. Pada pembuatan daftar pembayaran penghasilan bulan Desember perlu diperhitungkan penyesuaian pajak antara pajak yang dibayar perbulan dengan pajak yang dihitung berdasarkan penghasilan total setahun. Jika terdapat kelebihan pajak yang sudah dibayarkan untuk tahun berjalan maka akan terdapat piutang pajak yang bisa dikompensasikan pada pembayaran gaji tahun depan. Pembuatan DPP bulan Desember harus menggunakan aplikasi dengan versi ini. Ilustrasi sebagai berikut ;

 

Kasus Total Pajak Total Pajak Setahun Seharusnya Pajak Pada DPP Piutang Pajak

Januari sd

November

 

Jan-Des

 

Bulan Desember

A B C D E
Indah 30,000,000 29,000,000 0 1,000,000
Nida 30,000,000 30,000,000 0 0
Agus 30,000,000 31,000,000 1,000,000 0

 

Keterangan :

Kol B :         Nilai yang akan diinput pada RUH Penghasilan dan Pajak sampai dengan November

kol D :                     Nilai yang akan tercantum pada kolom pajak DPP bulan Desember

kol E :         Nilai yang akan tercantum pada Tayang piutang Pajak

 

 

  1. Total penghasilan dan pajak masing-masing PPNPN dari Januari sd November perlu  diinput untuk menghitung Penghasilan setahun dan PPh yang harus dibayar pada bulan Desember serta menghitung pajak yang bisa dikompensasikan. Terdapat menu baru untuk menginput data dimaksud.

Hal ini perlu dilakukan mengingat pembuatan DPP menggunakan aplikasi tidak dimulai pada  awal tahun, sehingga dalam database belum bisa untuk menghitung penghasilan dan pajak secara keseluruhan.

  1. Jika PPNPN mempunyai piutang pajak, maka akan disimpan dalam database untuk bisa dikompensasikan pada pembayaran gaji tahun depan. Terdapat menu baru untuk menayangkan piutang pajak pada akhir bulan
  2. Terdapat menu baru untuk melakukan ekspor data terkait PPNPN supaya pada aplikasi SAS tahun depan tidak dilakukan input

 

  1. Petunjuk Manual
    1. Menu Input data – RUH Penghasilan dan Pajak untuk pembuatan DPP bulan Desember

Menu ini digunakan untuk melakukan perekaman penghasilan dan pajak total dari bulan Januari

s.d November. Walaupun satker telah menggunakan aplikasi PPNPN sebelum November, nilai yang diinput adalah penghasilan dan pajak sampai dengan November untuk masing –masing pegawai. Penghasilan yang diinput adalah penghasilan setelah dikurangi potongan absen. Tetapi jika bulan desember akan melakukan pembayaran dengan jenis rapel, maka nilai yang diinput adalah penghasilan dan pajak sampai dengan pegawai tersebut terakhir dibayar. Contoh :

  1. Pegawai A sudah dibayar penghasilan total sampai dengan November dengan nilai 100.000.000 dan pajak total sampai dengan November dengan nilai 2.000.000. Nilai yang diinput sebelum membuat gaji bulanan Desember adalah nilai 100.000.000 dan 000.000.
  2. Pegawai B sudah dibayar penghasilan total sampai dengan Oktober dengan nilai 90.000.000 dan pajak total sampai dengan Oktober dengan nilai 1.700.000. Kemudian pegawai tersebut bulan November belum digaji dan akan di rapel pada bulan Desember. Maka nilai yang diinput sebelum pembuatan rapel gaji pada bulan Desember (untuk Gaji November dan Desember) adalah sejumlah 90.000.000 dan 700.000.

 

Berikut tata cara input data pada aplikasi :

 

Keterangan :

 

  1. Isikan tahun anggaran
  2. Nilai penghasilan total diinput pada kolom Penghasilan s.d November

 

  • Nilai pajak total diinput pada kolom Pajak sd November
  1. Jika pengisian akan dilakukan dalam file excel kemudian akan diimport, maka bisa klik tombol “buat template excel dari data PPNPN”.

Jika file dibuka hasilnya sebagai berikut ;

Selanjutnya isikan total penghasilan pada kolom tothasil dan total pajak pada totpajak. Tidak diperkenankan merubah isian selain dua kolom tersebut. Setelah semua terisi, hapus baris nomor 1 pada file excel (baris nama kolom), selanjutnya klik save as pada file excel kemudian simpan menjadi text dengan tipe text (tab delimited).

Selanjutnya simpan file. Contoh hasilnya adalah file template_file.txt. Selanjutnya file ini  siap diimport pada tombol selanjutnya.

  1. Tombol ini digunakan untuk melakukan import data perekaman penghasilan dan pajak dari file txt seperti yang telah dijelaskan pada poin di

 

Pilih file .txt yang telah dibuat kemudian klik tombol ‘Ambil’. Jika data sudah ada maka akan terdapat pesan sebagai berikut ;

Klik Ok untuk melanjutkan atau Cancel untuk membatalkan. Kemudian data hasil import akan ditampilkan. Jika sudah sesuai maka lanjutkan ke proses penyimpanan data.

  1. Tombol “Simpan” digunakan untuk menyimpan data penghasilan dan pajak setelah selesai diinput.
  • Tombol “Keluar” digunakan untuk keluar dari jendela

 

  1. Input Data – RUH Daftar Pembayaran Penghasilan

Setelah proses pengisian penghasilan dan pajak pada poin di atas, maka bisa dilakukan pembuatan DPP untuk bulan Desember. Pastikan pada proses penginputan penghasilan dan pajak sudah dilakukan dengan benar karena akan berpengaruh pada hasil perhitungan pajak Desember dan piutang pajak yang seharusnya. Untuk proses penginputan tidak terdapat perbedaan dengan aplikasi versi 16.0.8, hanya saja ada perbaikan dalam perhitungan pajak dan piutang pajak pada versi ini. Sehingga untuk memproses Gaji (DPP) Bulan Desember diharuskan menggunakan aplikasi versi ini. Pastikan nilai pajak yang tercantum pada DPP bulan Desember sudah sesuai. Selanjutnya bisa diproses SPP sampai dengan SPM-nya.

  1. Cetak – Cetak Piutang Pajak Akhir Tahun

Menu ini digunakan untuk melihat piutang pajak masing-masing pegawai jika ada dan nilainya bisa dikompensasikan dengan perhitungan pajak tahun depan. Sehingga pada akhir tahun perlu dilakukan ekspor data ke database SAS tahun depan dengan fasilitas yang akan dijelaskan selanjutnya.

 

Keterangan :

  1. Isikan tahun anggaran
  2. Jika akan dibuat file excel dari data yang ditampilkan klik tombol “Excel”
  1. Utiliti – Kirim Data PPNPN Lintas Tahun

Digunakan untuk membuat ADK yang nanti akan diterima pada aplikasi SAS tahun depan, sehingga tidak perlu menginput kembali data pegawai dan lain-lain. Data yang dibawa termasuk data piutang pajak yang selanjutnya akan diperhitungkan dengan pajak pada DPP tahun depan.

Keterangan :

  1. Isikan Lokasi penyimpanan ADK
  2. Isikan tahun anggaran data yang akan dikirim
  • Isikan Kode satker yang akan dikirim

 

  1. Klik tombol Kirim untuk membentuk ADK Contoh adk adalah zip.