Untuk mempermudah seluruh stakeholder dalam melaksanakan pengelolaan keuangan negara, beragam layanan teknologi informasi berbasis internet telah disediakan oleh Direktorat Jenderal Perbendaharaan. Akan tetapi kami pun menyadari bahwa dengan semakin banyaknya aplikasi yang kami sediakan, semakin banyak pula hal yang harus diingat oleh para pengguna untuk mengakses aplikasi-aplikasi tersebut. Oleh karena itu Direktorat Jenderal Perbendaharaan mengumpulkan berbagai layanan berbasis internet yang telah ada ke dalam satu direktori e-DJPBN.

Melalui e-DJPBN, para pengguna layanan hanya perlu mengingat satu alamat, satu nama pengguna dan satu kata sandi untuk mengakses aplikasi-aplikasi yang selama ini masih berdiri sendiri. Cukup masukkan informasi penggguna yang telah diberikan dan e-DJPBN akan menampilkan layanan mana saja yang berhak diakses oleh pengguna yang bersangkutan. e-DJPBN juga menyajikan nilai lebih melalui layanan baru yang tercakup di dalamnya yaitu e-Rekon dan e-SPM.

Melalui e-Rekon, satuan kerja dapat melaksanakan keseluruhan proses rekonsiliasi yang ada selama ini tanpa perlu berkunjung ke KPPN. KPPN juga dapat melakukan pengawasan atas status rekonsiliasi dari seluruh satuan kerja yang menjadi mitranya.

Sedangkan dengan adanya e-SPM, proses pencairan dana dapat dilakukan oleh satuan kerja hanya dengan mengunggah ADK. Selain pencairan dana layanan penyampaian adk berlaku untuk kontrak, LPJ Bendahara, gaji dan juga RPD, sehingga satuan kerja tidak lagi harus datang ke KPPN.

Sedangkan untuk mempermudah dan mempercepat proses bagi satuan kerja yang masih perlu melakukan kunjungan ke KPPN, e-SPM juga menyediakan fasilitas antrian online. Melalui fitur ini sistem akan memperkirakan waktu proses dari tiap-tiap loket, sehingga satuan kerja dapat mengetahui serta memilih waktu kunjungan dan pada akhirnya mengurangi lama antrian di KPPN.

Dengan ragam manfaat dari e-DJPBN beserta aplikasi-aplikasi yang tecakup di dalamnya, kami yakin bahwa beragam layanan teknologi informasi yang selama ini telah disediakan menjadi semakin mudah dijangkau oleh stakeholder tanpa perlu berkali-kali berkunjung ke KPPN.

e-DJPBN dapaat diakses melalui alamat portal.djpbn.kemenkeu.go.id


Berbagai layanan yang bisa diakses melalui e-DJPBN yaitu :

  1. BIOS – BLU Integrated Online System
  2. OM SPAN – Online Monitoring SPAN
  3. Dashboard MPN G2
  4. HAI DJPBNHelp, Answer, Improve
  5. SIMSERBA – Sistem Informasi Manajemen Sertifikasi Bendahara
  6. SIKP -Sistem Informasi Kredit Program
  7. e-SPM
  8. e-Rekon

e-djpbn


e-SPM

e-SPM adalah aplikasi berbasis web yang melakukan pelayanan pelaksanaan APBN secara Online.

 

Aplikasi e-SPM terintegrasi dengan aplikasi Konversi di Front Office (FO) KPPN, sehingga Arsip Data Komputer (ADK) yang dikirim oleh satuan kerja bisa langsung diolah oleh aplikasi Konversi.

 

Fitur-Fitur di dalam e-SPM

  1. Pengiriman ADK SPM, Kontrak, RPD Harian, LPJ Bendahara, Gaji, SPM Koreksi dan lampiran terkait dalam bentuk PDF dan RAR secara online;
  2. Melakukan pemesanan antrian loket FO di KPPN secara online, sehingga Satuan Kerja tidak harus mengantri lama di KPPN;
  3. Melakukan monitoring status ADK yang sudah dikirim oleh satker ke KPPN;

e-REKON

e-REKON adalah aplikasi berbasis web yang melakukan proses rekonsiliasi laporan keuangan secara online. Melalui e-REKON, satker tidak perlu datang ke KPPN untuk melakukan rekonsiliasi secara langsung.

 

Fitur-Fitur di dalam e-REKON

  1. Pengiriman ADK SAIBA/Rekonsiliasi secara online;
  2. Melakukan monitoring hasil rekonsiliasi;
  3. Melakukan pengunduhan Berita Acara Rekonsiliasi dan Laporan Keuangan;
  4. KPPN bisa melakukan monitoring rekonsiliasi dan monitoring penerbitan Berita Acara Rekonsiliasi;