Petunjuk Teknis Instalasi serta Penggunaan Update Persediaan 17.0,

1. Update Persediaan 17.0 wajib digunakan secara bersamaan dengan aplikasi SAIBA versi 4.3, dan SIMAK-BMN versi 17.1 untuk rekonsiliasi data dan penyusunan laporan keuangan mulai bulan September 2017.

2. Sebelum melakukan update aplikasi, pastikan terlebih dahulu bahwa aplikasi dan referensi yang ter-install pada pada PC/laptop adalah sebagai berikut:

a. Aplikasi Persediaan versi 16.1.
b. Aplikasi SIMAK-BMN versi 17.0
c. Aplikasi dan referensi SAIBA versi 4.2.

3. Lakukan backup data sebelum melakukan update aplikasi dengan cara:

1) Melalui menu Utility > Back-up/Restore > database/referensi.
2) Karena database persediaan adalah satu dalam database BMN maka anda dapat melakukan copy database SIMAK-BMN (dbmn10) ke media penyimpanan lain, sebagai berikut:

a) Hentikan service mysqlbmn dengan cara menuju C:\program files\dbbmn10\, selanjutnya matikan service mysqlbmn dengan cara klik kanan file mysql-stop, kemudian pilih run as administrator.
b) Copy folder dbbmn10 ke media penyimpanan lain.
c) Hidupkan kembali service mysqlbmn dengan cara menuju C:\program files\dbbmn10\, selanjutnya klik kanan file mysql-install, pilih run as administrator.

5. Lakukan instalasi update dengan cara klik kanan file aplikasi, kemudian pilih run as administrator.
6. Instalasi berhasil apabila tampilan layar aplikasi seperti gambar di bawah ini:

Update Persediaan 17.0
7. Satker agar melakukan pengecekan atas laporan yang dihasilkan oleh aplikasi, sebelum dan setelah dilakukan update.


Update Persediaan 17.0 meliputi:

1. Pengiriman data ke Aplikasi SIMAK-BMN secara kumulatif dari bulan Januari sampai dengan bulan berkenaan
Pada Update Persediaan 17.0, dilakukan penyesuaian pengiriman data menjadi kumulatif dari bulan Januari sampai dengan bulan berkenaan. Namun untuk penerapan pertama kali, dalam rangka penyusunan laporan keuangan bulan September 2017, satker agar melakukan pengiriman ulang data dari bulan Januari sampai dengan bulan September 2017. Untuk bulan-bulan selanjutnya, satker cukup melakukan pengiriman data bulan berkenaan saja, di mana telah mencakup data dari bulan Januari. Namun, dalam hal terdapat perubahan atau koreksi data pada bulan sebelumnya, satker harus mengirim ulang data persediaan bulan terjadinya perubahan tersebut ke Aplikasi SIMAK-BMN.
Contoh:

  • Satker XYZ melakukan update Aplikasi Persediaan pada tanggal 11 Oktober 2017.
  • Dalam rangka penyusunan laporan keuangan bulan September 2017, Satker ABC mengirim ulang data persediaan bulan Januari sampai dengan September 2017 ke Aplikasi SIMAK-BMN.
  • Dalam rangka penyusunan laporan keuangan bulan Oktober 2017, Satker XYZ hanya mengirimkan data persediaan bulan Oktober 2017 ke Aplikasi SIMAK-BMN.
  • Pada bulan November 2017, Satker XYZ melakukan koreksi data transaksi persediaan yang telah direkam sebelumnya pada bulan Agustus 2017.
  • Dalam rangka penyusunan laporan keuangan bulan November 2017, Satker XYZ harus mengirim data persediaan bulan Agustus dan November 2017 ke Aplikasi SIMAK-BMN.

2. Penyesuaian transaksi Transfer Keluar dan Transfer Masuk
Pada Update Persediaan versi 17.0, dilakukan penyesuaian pada transaksi Transfer Keluar dan Transfer Masuk, di mana setiap perekaman transaksi Transfer Keluar harus dilengkapi dengan perekaman identitas satker tujuan transfer (kode organisasi tujuan), dan transaksi Transfer Masuk harus dilengkapi dengan identitas satker pengirim transfer (kode organisasi pengirim). Untuk dapat dicantumkan sebagai kode organisasi tujuan dan/atau pengirim, identitas satker harus direkam terlebih dahulu ke dalam referensi UAKPB. Kode organisasi pengirim dan/atau tujuan yang telah direkam tersebut akan terkirim ke Aplikasi SIMAK-BMN, Aplikasi SAIBA, hingga Aplikasi e-Rekon&LK.
Ilustrasi menu transaksi Transfer Keluar dan Transfer Masuk adalah sebagai berikut:
Ilustrasi pengiriman jurnal yang membawa data identitas satker pengirim dan/atau penerima transfer adalah sebagai berikut:
Bagi satker yang telah merekam transaksi Transfer Keluar dan/atau Transfer Masuk pada bulan-bulan sebelumnya, setelah melakukan update aplikasi dan login aplikasi akan muncul notifikasi sebagai berikut:
Notifikasi dimaksud akan terus muncul pada saat login aplikasi, selama masih terdapat transaksi Transfer Keluar dan/atau Transfer Masuk yang belum mencantumkan identitas satker pengirim dan/atau penerima transfer. Atas hal di atas, satker agar melengkapi identitas satker pengirim dan/atau penerima transfer melalui menu Transaksi Keluar atau Transaksi Masuk, sesuai dengan transaksinya.
Contoh tahapan dalam melengkapi identitas satker penerima pada transaksi Transfer Keluar:

a. Setelah memilih jenis transaksi Transfer Keluar, pada Daftar Transaksi Transfer Keluar, pilih “ubah”
b. Pilih “ubah”, selanjutnya rekam identitas satker penerima transfer. Pastikan identitas satker penerima transfer telah direkam ke dalam referensi satker terlebih dahulu.
c. Pilih “simpan”
d. Pilih “selesai”
Setelah seluruh transaksi Transfer Keluar dan Transfer Masuk dilengkapi identitas satker penerima dan/atau pengirim transfernya, notifikasi di atas tidak akan muncul kembali ketika login aplikasi.

3. Penambahan rekapitulasi jurnal kiriman
Update Persediaan 17.0 memungkinkan satker untuk melakukan pencetakan rekapitulasi jurnal kiriman melalui menu Laporan > Rekapitulasi Jurnal Kiriman
Selanjutnya, pilih parameter bulan


Link Download Update Persediaan 17.0

Silahkan pilih salah satu:

Download Update Persediaan 17.0 FTP Download Update Persediaan 17.0 GDrive

 

 

Tags: , ,