SIMAK-BMN Versi 16.1


Petunjuk Update Aplikasi SIMAK-BMN dan Referensi

SIMAK-BMN Versi 16.1


Hal-hal yang Wajib Dipahami dalam Penggunaan Update Aplikasi dan Referensi SIMAK-BMN Versi 16.1 serta Petunjuk Teknis

  1. Update Aplikasi dan referensi SIMAK-BMN versi 16.1 digunakan mulai penyusunan laporan keuangan tingkat UAKPA tahun 2016 dan Laporan Barang Milik Negara semester II tahun 2016.
  2. Petunjuk teknis ini hanya berlaku bagi satker yang telah melakukan hal-hal sebagaimana dimaksud dalam petunjuk teknis sebelumnya, yang telah diatur dalam Lampiran IV Surat Direktur Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Nomor S- 9599/PB.6/2016 tanggal 25 November 2016 hal Rilis Update Aplikasi SAIBA Versi 3, SIMAK-BMN Tingkat Satker Versi 16.0, dan Aplikasi Persediaan Versi 16.0.0.
  3. Bagi satker yang belum melakukan Update Aplikasi dan referensi SIMAK-BMN versi 16.0 beserta hal-hal yang seharusnya dilakukan sebagaimana dimaksud angka 2 di atas, satker agar langsung melakukan update Aplikasi dan Referensi SIMAK-BMN tingkat satker versi 16.1 dan melakukan hal-hal sebagaimana dalam petunjuk teknis sebelumnya sesuai dengan S-9599/PB.6/2016, tanpa melakukan Update Aplikasi dan referensi SIMAK-BMN versi 16.0 terlebih dahulu.

 

B.    Petunjuk Teknis dan Langkah-langkah Update SIMAK BMN Versi 16.1

1.Update Aplikasi SIMAK-BMN versi 16.1 mencakup:

  • Perbaikan atas permasalahan pada Aplikasi SIMAK-BMN versi sebelumnya (versi 16.0).
  • Penambahan dan perubahan referensi kode BMN

2. File update terdiri dari:

  • Update Aplikasi SIMAK-BMN versi 16.1 (file update_bmnkpb16.1) download di SINI update_bmnkpb16.1.exe ; dan
  • Update Referensi SIMAK-BMN versi 16.1 (file update_ref_bmnkpb_16.1) update_ref_bmnkpb_16.1.exe.

3. Lakukan proses backup data sebelum dan setelah melakukan update Backup data dapat dilaksanakan dengan cara menggunakan menu Utility >> Backup dan dengan melakukan copy database SIMAK-BMN (dbbmn10) ke folder lain. Adapun langkah-langkah untuk back-up manual database SIMAK-BMN (dbbmn10), sebagai berikut:

  1. Hentikan service mysqlbmn dengan cara menuju c:\program files\dbbmn10\, selanjutnya matikan service mysqlbmn dengan cara klik kanan file mysql-stop, kemudian pilih run as administrator;
  2. Copy folder dbbmn10 ke folder lain (eksternal hardisk/partisi lain);
  3. Hidupkan kembali    service   mysqlbmn    dengan    cara    menuju    c:\program files\dbbmn10\ selanjutnya klik kanan file mysql-install, pilih run as administrator.

4. Lakukan pencetakan laporan Posisi BMN di Neraca dan Laporan Barang Ekstrakomptabel sebelum dan setelah dilakukan update aplikasi dan referensi, sebagai bahan verifikasi dan telaah laporan Apabila ditemukan perbedaan saldo Posisi BMN di Neraca atau Laporan Barang Ekstrakomptabel per 31 Desember 2015 antara sebelum dan setelah update aplikasi dan referensi, satker agar berkoordinasi dengan unit akuntansi level atasnya dan/atau Kementerian Keuangan.

5. Lakukan update Aplikasi SIMAK BMN versi 16.1 dan update referensi 16.1, dengan melakukan klik kanan pada file update sebagaimana poin 2, pilih run as administrator

6. Instalasi berhasil apabila tampilan layar Aplikasi SIMAK-BMN terdapat tulisan Aplikasi SIMAK-BMN UAKPB 2016 AKRUAL – versi 16.1 (06 Jan 2017) Versi Referensi: 16.1

7. Lakukan verifikasi dan telaah laporan BMN (meliputi persediaan, aset tetap dan aset lainnya) sebelum dan setelah update aplikasi dan referensi serta menjalankan langkah-langkah sebagaimana dijelaskan pada Alternatif Solusi dan Perbaikan Permasalahan Aplikasi SIMAK-BMN Tingkat Satker Versi 16.1. Terhadap hasil telaah laporan BMN, satker melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

a. Terhadap pos-pos dalam  laporan BMN yang  seharusnya  berubah atas  update aplikasi di atas, satker agar mengungkapkan dalam CaLBMN;

b. Terhadap pos-pos dalam laporan keuangan yang seharusnya berubah atas update aplikasi di atas tetapi perubahan yang terbentuk tidak sesuai dengan yang seharusnya berdasarkan hasil rekonsiliasi internal, satker agar melakukan jurnal koreksi pada aplikasi SAIBA sesuai dengan ketentuan dalam surat ini;

c. Terhadap pos-pos  dalam  laporan  BMN  yang  tidak  seharusnya  berubah atas update aplikasi di atas, satker agar melakukan hal-hal sebagai berikut:

  • Ulangi langkah-langkah update aplikasi di atas;
  • Apabila setelah dilakukan update ulang di atas namun masih ditemukan kondisi pada huruf b, satker agar berkoordinasi dengan unit akuntansi level atasnya dan/atau Kementerian Keuangan;

8. Setelah melakukan update Aplikasi dan Referensi SIMAK-BMN versi 16.1 serta melakukan langkah-langkah sebagaimana dijelaskan pada Alternatif Solusi dan Perbaikan Permasalahan Aplikasi SIMAK-BMN Tingkat Satker Versi 1, satker agar membandingkan saldo Posisi BMN di Neraca dan Laporan Barang Ekstrakomptabel per 31 Desember 2016 setelah update dengan saldo Posisi BMN di Neraca dan Laporan Barang Ekstrakomptabel per 31 Desember 2016 hasil rekonsiliasi dengan KPKNL. Apabila terdapat perbedaan saldo dimaksud, satker wajib melakukan rekonsiliasi ulang dengan KPKNL.

9. Bagi satker yang memiliki ATB yang dihentikan dari operasional pemerintahan, wajib mengulang proses normalisasi ATB dan amortisasi pertama kali, sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam S-9599/PB.6/2016.

10. Satker wajib mengulang proses ubah simpan terhadap:

  • Transaksi lanjutan selama tahun 2016 atas ATB yang dihentikan dari operasional pemerintahan sebelum tahun 2016
  • Transaksi penghapusan ATB yang terjadi selama semester II tahun 2016
  • Transaksi terkait Aset tetap Renovasi (ATR) selama tahun 2016

11. Satker yang mengalami kondisi sebagaimana dimaksud dalam angka 8 s.d. 10 wajib melakukan pengiriman ulang ADK bulan Januari s.d. Desember tahun 2016 ke Aplikasi SAIBA, serta melakukan pengiriman ulang ADK periode semester I dan semester II tahun 2016 ke unit akuntansi di atasnya.

12. Sebelum melakukan pengiriman ADK, satker wajib melakukan penyusutan reguler semester I dan semester II tahun 2016. Pengecekan dapat dilakukan dengan memastikan bahwa penyusutan reguler telah terbentuk pada history BMN.

 

C.    Update Aplikasi SIMAK BMN versi 16.1 meliputi:

  1. Perbaikan permasalahan pada aplikasi versi 16.0

Terkait beberapa permasalahan pada aplikasi versi 16.0 yang telah diperbaiki, serta permasalahan yang masih ditemukan dalam aplikasi versi 16.1, satker agar berpedoman pada alternatif solusi sebagaimana terlampir.

  1. Penambahan dan Perubahan Referensi Kodefikasi BMN

Sesuai dengan KMK Nomor 435/KM.06/2016 tentang Perubahan Keenam Atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 29/PMK.06/2010 tentang Penggolongan dan Kodefikasi Barang Milik Negara, terdapat penambahan dan perubahan kode BMN yang harus diakomodasi oleh Aplikasi SIMAK-BMN. Sehubungan dengan hal tersebut, satker agar melakukan kembali verifikasi atas data BMN, untuk memastikan bahwa BMN yang dikuasainya telah dicatat menggunakan kodefikasi BMN sesuai dengan yang seharusnya.

 

D.    Data SIMAK-BMN yang Tidak Terproses dengan Sempurna

Apabila dalam proses tersebut di atas masih terdapat data-data SIMAK-BMN satker atau sub-satker yang tidak wajar dan atau tidak dapat ditelusuri kewajarannya karena satu dan lain hal, maka satker dapat menyampaikan permasalahan tersebut melalui email Direktorat Barang Milik Negara, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara dengan alamat simakbmn@kemenkeu.go.id.

 

Tags: , , ,