Update Aplikasi  Persediaan Versi 16.0.0

Petunjuk  Update Aplikasi  Persediaan Versi 16.0.0

Hal-hal yang Wajib  Diperhatikan :

  1. Update Aplikasi Persediaan versi 16.0.0 agar digunakan mulai penyusunan laporan keuangan tingkat UAKPA bulan November 2016 dan Laporan BMN semester II tahun  2016 .
  2. . Lakukan backup data sebelum dan setelah melakukan update   aplikas
  3. Satker agar memastikan bahwa proses update Aplikasi Persediaan versi 16.0.0 dilakukan setelah proses update Aplikasi dan referensi SIMAK-BMN versi 16.0, karena file update  Aplikasi  SIMAK-BMN versi  16.0 mencakup update database.
  4. Satker agar melakukan pengiriman ulang ADK dari Aplikasi Persediaan versi  16.0.0  ke  Aplikasi SIMAK-BMN versi 16.0 bulan Januar i s.d. Oktober 2016 .
  5. Satker agar melakukan verifikasi dan telaah laporan yang dihasilkan oleh Aplikasi Persediaan versi 16.0.0.

Petunjuk lnstalasi:

  1. File Update terdiri dari Update Aplikasi Persediaan versi 16.0.0.
    Download Update-Persediaan-1.6.0.0.exe
    atau download melalui drive google
    Download Update Aplikasi Persediaan 16.0.0
  2. Lakukan instalasi update Aplikasi Persediaan versi 16.0.0 dengan menjalankan file update­ persediaan- 1.6.0.0.exe.
  3. lnstalasi berhasil apabila tampilan layar Aplikasi Persediaan terdapat tulisan versi 16.0.0 24 November 2016

 

Penjelasan  Update Aplikasi  Persediaan Versi 16.0.0


  1. Update Aplikasi Persediaan versi 16.0.0 meliputi:

    1. Penambahan menu referensi jenis transaksi pada level operator

Aplikasi Persediaan versi sebelumnya (versi 15.1.4) hanya menyediakan akses ke tabel referensi jenis  transaksi  bagi  level  administrator.  Pada  updatAplikasi  Persediaan  versi 16.0.0 ini, level operator dapat melakukan pencetakan tabel  referensi  jen is  transaksi  melalui menu Referensi >> Tabel Jenis Transaksi. Tabel referensi  dimaksud  diharapkan  dapat membantu operator untuk melakukan  pengecekan  atas  penggunaan  menu  yang  tepat untuk setiap jen is transaksi.

  1. . Penyesuaian nama file backup database dan backu referensi

Untuk mempermudah identifikasi pada saat melakukan backup dan restore data, nama file backup persediaan yang semula meliputi kode satker, level operator , dan tangga l backup dilengkapi menjadi kode Bagian Anggaran (BA), kode Eselon I, kode wilayah, kode satker, level operator, dan tanggal backup

  1. Backup database contoh: B010010199321654000K P21102016 .bal, dengan penjelasan: kode B ( database), Bagian anggaran, eselon 1, kode wilayah, kode satker, kode induk/anak, kode kewenangan , tanggal , bulan, dan tahun backup, extensi  bal.
  2. Backup Referensi contoh: R010010199321654000K P21102016 .ral,  dengan penjelasan: kode R (referensi), Bagian anggaran , eselon 1, kode wilayah , kode satker, kode induk/anak , kode kewenangan, tanggal, bulan, dan tahun backup, extensi  ral.

 

  1. Penambahan informasi ketika  update  berhasil dilakukan

lnformasi atau notifikasi ini disediakan untuk meyakinkan operator bahwa proses  pemutakhiran  aplikasi, referensi, dan/atau database persediaan berhasil  dilakukan.

  1. Penyesuaian  transaksi  pembelian,  berupa   penambahan   kolom   pengisian  akun belanja yang  digunakan dalam  melakukan  pembelian persediaan.

Kolom ini disediakan untuk membantu satker memperoleh informasi  yang  memadai atas akun yang digunakan dalam pembelian persediaan, yang dapat digunakan sebaga i dasar dalam melakukan jurnal penyesuaian pada Aplikasi SAIBA atau pengambilan keputusan lainnya. Untuk saat ini, pengisian akun belanja pada kolom  tersebut  belum  diwajibkan.  Untuk update aplikasi selanjutnya , akan ditambahkan validasi pengisian  kolom  akun belanja. Untuk memperoleh dan menggunakan data akun terkait pembelian persediaan ini, diperlukan koordinasi yang baik dalam internal satker, antara operator Aplikasi Persediaan, Bendahara  Pengeluaran, operator Aplikasi SAIBA, dan  lain-lain.

  1. Tambahan pada menu laporan:

    1. Anak/pembantu satker (UAPKPB): terdapat penambahan Daftar Transaksi Pembelian per Akun , yang menyajikan rekapitulasi akun-akun yang digunakan oleh satker untuk perolehan  persediaan dari transaks i pembelian.
    2. Satker induk (UAKPB):
      • Daftar Transaksi Pembelian per Akun : menunjukan akun-akun  yang  digunakan dalam rangka  perolehan transaksi perolehan persediaan dari  pembelian.
      • Daftar Transaksi Beban    Persediaan:    menunjukan    rekapitulasi     beban    yang dihasilkan  oleh Aplikasi Persediaan.
      • Rekapitulasi Jurnal   Kiriman:  menunjukan  rekapitulasi  jurnal   seluruh transaksi persediaan.

  2.  Rincian Transaksi Persediaan

Pada saat pembentukan file kirim terbentuk file excel di  folder  “c:/psedia10/excel”  yang berisi informasi rinci transaksi persediaan, antara lain rincian  atas  beban  dan  KO persediaan.

 

Tags: ,