Update Aplikasi GPP Versi 03 September 2013 telah diluncurkan oleh Direktorat Sistem Perbendaharaan di website resmi perbendaharaan go.id hari ini, Senin 9 September 2013. Update kali ini berkaitan dengan perubahan referensi tunjangan beras mengikuti Perdirjen Perbendaharaan Nomor PER-33/PB/2013. Selain itu juga ada penambahan referensi tunjangan fungsional baru Pengembang Teknologi Pembelajaran sesuai dengan SE No-30/PB/2013.
Dengan Update Aplikasi GPP Versi 03 September 2013 ini anda dapat mengajukan kekurangan beras terhitung mulai Bulan Januari sampai dengan September 2013 (jika tarif baru tunjangan beras telah anda ikutsertakan di Gaji Induk Bulan Oktober 2013). Jika belum, maka anda baru bisa mengajukan kekurangan beras di bulan November 2013 (maka tunjangan berasnya dari Januari s.d Oktober 2013) – syaratnya harus masuk kedalam komponen gaji induknya terlebih dahulu. Kami akan jelaskan lebih lanjut cara pembuatannya di bawah.

Untuk lebih jelasnya anda dapat berkoordinasi langsung dengan KPPN di wilayah anda.

Langkah-langkah update aplikasi GPP versi 03-09-2013 :

Berikut ini langkah-langkah update aplikasi GPP versi 03-09-2013 :

  • Sebelum melakukan update aplikasi GPP Versi 03 September 2013 jangan lupa melakukan backup data dan aplikasi untuk antisipasi apabila proses update gagal.
    1. Copy folder C:\AplGajiSatker ke dalam flashdisk/hardisk external
    2. Copy folder MyGPP ke dalam flashdisk/hardisk external dengan terlebih dahulu mematikan service dengan mengklik kanan mouse file mysql_uninstall.bat lalu pilih Run As Administrator.
    3. Selanjutnya hidupkan lagi service MyGPP dengan jalan mengklik kanan mouse file mysql_install.bat lalu pilih Run As Administrator.
  • Klik dua kali file AplikasiRevisiGPP-03-09-2013-Satker.exe maka akan muncul form install ke dalam folder C:\AplGajiSatker\. Lalu klik tombol Install
  • Klik dua kali file Revisi_03_September2013Satker.exe  

 

  • Maka akan muncul login User dan Password serta IP Komputer Server Anda, isikan user : super  atau user lain dengan Hak = 1
  • Pilih menu update lalu pilih Update Satker
  • Maka akan muncul form sebagai berikut :   update aplikasi GPP versi 03 September 2013
  • Klik tombol PROSES maka proses update akan terlaksana dan tunggu sampai muncul pesan sebagai berikut : update aplikasi GPP versi 03 September 2013 selesai
  • Setelah itu jalanlan aplikasi GPP 2013 dan pastikan bahwa aplikasi anda sudah versi tanggal 03 September 2013update versi aplikasi GPP 2013 03 september 2013

Perekaman SK Kenaikan Tunjangan Beras

Selesai melakukan update aplikasi GPP menjadi versi 03 September 2013, tarif tunjangan beras tidak otomatis berubah. Agar tarif tunjangan beras berubah, anda harus merekam SK kenaikan tunjangan beras terlebih dahulu. Berikut penjelasan lengkapnya
  1. Referensi beras baru ini belum bisa digunakan karena belum direkam  ke dalam perekaman perubahan masing-masing pegawai, oleh sebab itu di dalam update aplikasi tanggal 3 September 2013 ini dibuat satu menu baru untuk merekam Perdirjen baru tersebut ke seluruh perekaman Perubahan pegawai.
  2. Masuk ke dalam menu Pegawai > Perekaman SK Gaji Pokok dan Beras
  3. Maka akan tampil form perekaman Perdirjen Beras untuk seluruh pegawai, jadi hanya merekam 1 SK saja, maka SK akan terdefault untuk seluruh pegawai secara otomatis. Langkah-langkahnya isikan :
  • Pilih pilihan BERAS
  • Tanggal SK :  tanggal 2 Agustus 2013
  • No : Perdirjen No : 33/PB/2013
  • Uraian : Perubahan keempat atas Perdirjen Perbendaharaan No Per-67/PB/2010 tentang tunjangan beras dalam bentuk natura dan uang.
  • SK Dari : Ditjen Perbendaharaan
  • TMT : 1 Januari 2013
  • Klik tombol Proses

Kalau di lihat di menu perekaman perubahan untuk seluruh pegawai maka akan muncul SK baru, dengan nomor agenda baru dan terdefaut otomatis.

 

Pembuatan kekurangan gaji sama untuk perubahan tarif beras baru tahun 2013

Pembuatan kekurangan tunjangan beras untuk perubahan tarif baru untuk seluruh pegawai dapat menggunakan tombol kekurangan sama. Kekurangan sama dapat mengcover­ perubahan status kawin para pegawai, baik yang status kawin naik (menikah, tambah anak), atau status kawin turun (anak dewasa). Maka perubahan status kawin akan membuat kekurangan bertingkat secara otomatis. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Proses Gaji Oktober 2013 dengan menggunakan tarif beras yang baru.
  2. Sebelum membuat kekurangan tarif beras, lakukan load master gaji induk bulan Januari s.d. Oktober 2013
  3. Buka menu kekurangan gaji
  4. Pilih para pegawai yang hendak dibuat kekurangan gajinya.
  5. Klik tombol Kekurangan sama
  6. Pilih jenis kekurangan Tarif Beras
  7. Isin tahun 2013
  8. Klik tombol gaji baru pilih gaji Oktober 2013
  9. Gaji Lama Januari 2013
  10. Isikan isian masa Januari s.d.September 2013, lalu klik tombol Simpan, maka proses kekurangan gaji akan terhitung otomatis.
  11. Kekurangan gaji akan terbentuk secara otomatis untuk seluruh pegawai, pegawai yang mengalami perubahan status kawin baik status kawin naik (menikah, tambah anak) atau status status kawin turun (anak dewasa) akan bertingkat otomatis.
  12. Sebagai contoh adalah pegawai ini, terdapat perubahan status kawin, Januari s.d. Juni 2013 status kawinnya adalah 1100, sedangkan Juli s.d. September status kawinnya adalah 1101, akan terbentuk bertingkat secara otomatis.
m4s0n501
 

Tags: , ,